Sebanyak 20 Bakal Paslon Pilkada di Papua Jalani Tes Kesehatan

Komisioner KPU Papua,Melkianus Kambu/Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com - Sebanyak 20 bakal pasangan calon kepala daerah pada Pilkada 11 Kabupaten di Papua, mengikuti rangkaian tes kesehatan di RSUD Dok II Jayapura, Selasa (8/9).

Ini disampaikan Komisioner KPU Papua, Melkianus Kambu kepada pers di Jayapura, Selasa (8/9)

“Laporan terakhir untuk hari ini ada 20 orang yang lakukan tes kesehatan,” ungkapnya

Melki menyebut, tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap 35 bakal pasangan calon yang terdaftar sebagaimana hasil pendaftaran Pilkada 11 Kabupaten tersebut, semuanya dilakukan di RSUD Dok II.

“Semua pemeriksaan di Dok 2, karena untuk Papua hanya RS ini yang masuk tipe A,” jelasnya.

Sebagaimana PKPU PKPU 5 tahun 2020 tentang tahapan peogram dan jadwal, lanjut Kambu, jadwal pemeriksaan kesehatan dilakukan sejak 4 -  11 September. Sehingga jika ada Bapaslon yang telah memenuhi syarat pencalonan dan telah mendapat berita acara dan surat rekomendasi, maka bisa langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes bebas narkoba.

“Tapi di Papua, semua calon mulai lakukan tes kesehatan dan tes urine di BNN sejak 7 september,” jelasnya.

Terkait itu pula, lanjut Melki, setiap Anggota KPU dan Bawaslu di setiap Kabupaten penyelenggara Pilkada, wajib melakukan pendampingan terhadap bakal calon yang melaksanakan tes kesehatan dan tes narkoba.

“Kita wajib mendampingi untuk memastikan tahapan pemeriksaan kesehatan ini berjalan," tegasnya

Pantauan di RSUD Dok II Jayapura nampak sejumlah bakal calon telah melakukan tes kesehatan, seperti pasangan FX Mote - Tabroni M. Cahya Bapaslon Kada dari Nabire, Spei Yan Birdana-Pieter Kalakmabin Bapaslon Kada dari Pegunungan Bintang, dan beberapa Bapaslon lainnya.**