3.000 Personil AL Akan Bergeser ke Sorong

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Ade Supandi bersama Ketua Umum Jalasenastri/Ola

SORONG,-Persiapan Sorong menjadi pusat keamanan dan pertahanan nampaknya akan segera terealisasi dalam waktu dekat ini.

Salah satu pusat keamanan dan pertahanan yang akan diresmikan adalah Komando Armada 3 Wilayah Timur dan Pangkalan Satuan Marinir 3 Wilayah Timur.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Ade Supandi yang dijumpai usai penandatanganan prasasti proyek wilayah timur di dermaga Lantamal XIV Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (28/4) membenarkan bahwa peresmian Koarmada 3 dan Pasmar 3 sudah diusulkan dan disetujui oleh Panglima TNI.

Sedangkan waktu peresmian, menurut KSAL masih menunggu waktu kesiapan Panglima TNI namun diharapkan bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

Selain secara administrasi telah disetujui oleh Panglima TNI, sarana prasarana dan fasilitas juga terus dipersiapkan guna mendukung wilayah pertahanan dan keamanan di Timur Indonesia termasuk ketersediaan rumaj dinas prajurit dan mobilisasi ribuan prajurit.

"Akan ada sekitar 3.000 personil yang akan bergeser secara bertahap. Dengan keberadaan 3.000 personil ditambah keluarga masing-masing diharapkan dapat berakselerasi dengan Pemda dan masyarakat disini. Selain itu juga akan semakin meningkatkan perekonomian diwilayah Sorong," terang KSAL.

Menurut informasi yang beredar, selain peresmian Koarmada 3 dan pasmar 3, Panglima TNI juga akan meresmikan Brigif Kostrad dan Pangkalan Udara di wilayah Sorong.