Operasi Mantab Brata

2.577 Personil Gabungan TNI-Polri Laksanakan Pengamanan Pilkada Serentak di Papua

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Kepolisian Daerah Papua dan Polres Jajaran siap mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak di 11 Kabupaten Provinsi Papua. 11 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada yakni, Kabupaten Keerom, Kabupaten Nabire, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Waropen. Untuk pengamanan Polda Papua akan menggelar Operasi Mantab Brata pada tanggal 3 September 2020 sampai Bulan Desember 2020 nanti.

Operasi ini dilaksanakan dengan melibatkan sebanyak 2.577 personil gabungan TNI-Polri yang bertugas di 11 Polres yakni Polres Jayawijaya, Polres Keerom, Polres Supiori, Polres Nabire, Polres Merauke, Polres Waropen, Polres Yahukimo, Polres Asmat, Polres Mamberamo Raya, Polres Boven Digoel dan Polres Pegunungan Bintang.

Selain mensiagakan personil yang berasal dari 11 Polres tersebut, Polda Papua juga menyiagakan personil di jajaran Polda Papua sebanyak 813 personil, TNI sebanyak 627 personil, anggota Linmas sebanyak 7.174 orang dan Brimob Nusantara sebanyak 500 personil. Untuk tahapannya, mulai tanggal 4 – 6 September 2020 akan dilaksanakan pendaftaran Pasangan Calon, kemudian Verifikasi syarat pencalonan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan secara keseluruhan saat ini situasi Kamtibmas di Papua relatif aman terkendali, ini diharapkan dapat terus di pertahankan.

“Untuk Potensi kerawanan di tiap-tiap Kabupaten berbeda sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,”ujar Kabid Humas, Rabu (2/9).

Kabid Humas mengharapkan masyarakat tidak mudah terpancing ajakan pihak -pihak untuk mengganggu stabilitas keamanan di Provinsi Papua. karena tanpa adanya bantuan dari masyarakat Pilkada tidak akan berjalan dengan baik dan aman.*