Sebanyak 17 Tenaga Medis Puskesmas Jayapura Utara Terpapar COVID-19

Tampak Puskesmas Jayapura Utara, Kota Jayapura/Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 17 tenaga medis terdiri dari 4 dokter dan 13 perawat yang bertugas di Puskesmas Jayapura Utara, Kota Jayapura positif terpapar virus corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, menjelaskan, para tenaga medis ini terpapar dari salah satu perawat yang bertugas. Kemudian seluruh tenaga medis di Puskesmas Jayapura Utara melakukan swab dan hasilnya 16 orang dinyatakan positif COVID-19.

“ Ini awalnya ada satu tenaga medis yang positif COVID-19, kemudian dilakukan swab terhadap seluruh tenaga medis yang ada didapatkan 16 orang lagi yang positif sehingga total ada 17 tenaga medis yang positif COVID-19 di Puskesmas Jayapura Utara,” kata Ni Nyoman Sri Antari saat ditemui di kantornya, Senin (31/8) sore.

Dikatakan, akibat 17 tenaga medis terpapar COVID-19, maka pihaknya memutuskan untuk menutup sementara Puskesmas Jayapura Utara.

“ Kita sempat tutup pelayanan di puskesmas selama 3-4 hari. Selama penutupan itu pelayanan kesehatan dialihkan ke sejumlah puskesmas terdekat seperti Puskesmas Ely Uyo dan Poli Klinik Kesdam XVII Cenderawasih,” ujarnya.

Sri Antari menyebut, dari 17 yang terpapar COVID-19, 16 orang tenaga medis menjalani isolasi mandiri di rumah, sementara 1 orang menjalani perawatan di rumah sakit.

“ Hanya satu orang yang menjalani perawatan di rumah sakit, sementara 16 lainnya hanya menjalani isolasi di rumah masing-masing karena mereka tanpa gejala,” akunya.

Wanita yang juga menjabat Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura ini menambahkan, dengan tambahan 17 tenaga Puskesmas Jayapura Utara yang terpapar COVID-19, maka jumlah tenaga medis puskesmas yang positif COVID-19 menjadi 31 orang.

“ Kita ada 13 puskesmas di Kota Jayapura dan hampir tiap puskesmas ada yang kena (positif COVID-19), yakni di Puskesmas Tanjung Ria 1 orang, Jayapura Utara 17 orang, Puskesmas Elly Uyo 5 orang, Hamadi 1 orang, Abe Pantai 1 orang, Kotaraja 5 orang, dan Puskesmas Yoka 1 orang,” ungkapnya.

Dari data Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura hingga Senin (31/8) malam tercatat jumlah akumulatif kasus positif COVID-19 di Kota Jayapura sebanyak 2.118 kasus dengan rincian 202 orang dalam perawatan, 1.889 dinyatakan sembuh dan 27 orang meninggal dunia.**