Pertamina Resmikan Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Imbi Kota Jayapura

Pertamina melalui Fuel Terminal Jayapura melaksanakan peresmian Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura Papua, Senin (31/8)/dok.Humas Pertamina MOR VIII

JAYAPURAwartaplus.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua melalui Fuel Terminal Jayapura melaksanakan peresmian Kampung Siaga Covid-19 di Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura Papua, Senin (31/8)

Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina Fuel Terminal Jayapura guna menekan laju persebaran Covid-19 di lingkungan terdekatnya, yaitu Kelurahan Imbi. 

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Distrik Jayapura Utara, Perwakilan Kelurahan Imbi, Babinsa, dan Masyarakat Kelurahan Imbi. 

 

Melalui Kampung Siaga Covid-19, Pertamina Fuel Terminal Jayapura melakukan pendampingan terhadap masyarakat dalam upaya pencegahan penularan covid-19 dan mengurangi dampak pandemi ini melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kampung Siaga Covid-19 yang dibentuk dan dibina Pertamina ini memfokuskan pada 3 hal kegiatan utama. 

Pertama, meningkatan kapasitas tim satgas siaga covid-19 tingkat kampung untuk melakukan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan dan memberikan bantuan paket pencegahan covid-19 seperti masker dan tempat cuci tangan. Kedua, memantau dan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kelompok rentan seperti ibu hamil, lansia, anak-anak, dan warga dengan penyakit penyerta. 

Ketiga, memberikan bantuan pemulihan ekonomi melalui peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Edi Mangun, Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII dalam rilisnya Selasa (1/9) mengatakan, dalam Program Kampung Siaga Covid-19 ini, masyarakat tidak hanya diposisikan sebagai objek, namun juga sebagai subjek dalam pencegahan persebaran dan penanganan dampak Covid-19. 

"Pertamina Fuel Terminal Jayapura juga memberikan pelatihan dan pendampingan peningkatan ketahanan pangan melalui kegiatan Kebun Sehat, pertanian dan peternakan berbasis rumah tangga untuk tetap menjaga pasokan makanan sehat di tingkat rumah tangga," tutur Edi

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan rasa kepedulian antar warga untuk membantu warga lain yang diharuskan melakukan isolasi mandiri dengan cara membantu pasokan pangan mereka

Apresiasi

Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam S. Rumbiak, mengapresiasi dengan adanya Kampung Siaga Covid-19 ini.

“Dengan adanya kegiatan Pertamina Peduli ini kami apresiasi sekali karena dengan melakukan atau membuat kelompok kampung siaga di wilayah tertentu ini merupakan hal yang harusnya dibuat dari awal dalam menyikapi situasi yang terjadi dan tidak pernah berkurang terus ini dan kota Jayapura tertinggi saat ini,” ucapnya

Senada dengan Adam, Ketua RT 03/RW 05 Kelurahan Imbi yang juga salah satu tokoh masyarakat, Beni Sineri, mengungkapkan harapannya pada kegiatan ini.

“Kami berharap program ini terus ditingkatkan hingga pada tingkat semua RT kelurahan agar semua masyarakat merasakan perhatian dari pihak Pertamina sampai pada tingkat pemerintah setempat," harapnya.

Sebagai tingkat terdekat dengan masyarakat dan mengetahui keadaan masyarakat sebenarnya, peran pengurus RT dan RW menjadi salah satu peran penting dalam proses pencegahan persebaran virus Covid-19 di Kelurahan Imbi. Selain itu, diikuti dengan peran kader kesehatan sebagai level lanjutan dalam melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap masyarakat sekitar.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII berkomitmen dalam melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi dan memutus rantai penyebaran covid-19 di seluruh lingkungan kantor dan wilayah operasional Pertamina dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Pertamina juga mendorong dan melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi untuk turut serta dalam melakukan penanggulangan covid-19 dengan membentuk Kampung Siaga Covid-19 yang tersebar di 12 titik kampung yang tersebar di wilayah Maluku-Papua. 

"Kami berharap dengan terbentuknya Kampung Siaga Covid-19 di beberapa titik lokasi binaan Pertamina MOR VIII ini dapat membentuk budaya perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat sekaligus memperkuat tim satgas agar dapat bertransformasi menjadi tim tanggap bencana,"tutup Edi.**