Otsus di Mata Tokoh Port Numbay

Tokoh Masyarakat Port Numbay, Yohanis Udam/dok.Pendim Jayapura

JAYAPURAwartaplus.com  - Otonomi khusus Provinsi Papua terus ramai menjadi perbincangan, pro dan kontra yang terus terjadi di masyarakat membuat tokoh-tokoh di Papua ikut angkat bicara. 

Salah satunya tokoh masyarakat Port Numbay (Kota Jayapura), Yohanis Udam yang menyampaikan bahwa Otsus sangat membantu masyarakat dalam pembangunan di Papua, khususnya di wilayah Port Numbay.

"Kami sangat setuju Otsus tetap berlanjut, kami menentang orang -orang yang berseberangan dan tidak menginginkan Otsus Papua berlanjut," tegasnya

Yohanis berharap kepada masyarakat Port Numbay untuk bersama-sama membangun Papua agar semakin maju dan sejahtera.

Sebelumnya, Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib menegaskan, lembaga yang dipimpinnya menolak keberlanjutan undang undang Otsus yang santer disebut Otsus Jilid II.

Alasan penolakan, dikarenakan pemerintah pusat hanya melihat  dari segi dana yang dikucurkan, tanpa melihat kewenangan yang sejatinya menjadi hak dari pemerintah dan rakyat Papua

“MRP pada dasarnya mengapresiasi kebijakan Pemerintah Pusat yang telah perhatian kepada rakyat papua, tetapi hari ini kepuasan dari batin oap (orang asli papua) ini belum cukup. Ini karena pemerintah pusat lebih lihat kepada dananya,” keluh Timotius saat diwawancarai wartawan usai menghadiri rapat pembahasan Otsus bersama Fokopimda Papua, anggota DPR RI dan DPD, di Jayapura, Kamis (13/8)

Menurut dia, pemerintah Papua tidak menuntut dana dari Undang undang Otsus tetapi lebih kepada kewenangan untuk menjalankan setiap pasal dalam UU Otsus tersebut.(Adv)