Seluruh ASN di Papua Diwajibkan Tes Swab

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal/Dian Mustikawati

JAYAPURAwartaplus.com -  Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di lingkup Pemerintahan Provinsi Papua maupun Kabupaten Kota diwajibkan untuk mengikuti tes Swab Corona yang direncanakan akan dimulai pekan depan. Rencana ini, menyusul perpanjangan adaptasi new normal tahap II, sebagaimana hasil. Rapat Forkompinda,  tim Satgas Covid-19 serta perwakilan kepala daerah se Papua di Swisbel Hotel, Rabu (26/08/2020).

“Salah satu kebijakan yang akan di ambil dalam Adaptasi New Normal tahap II adalah akan melakukan swab kepada semua PNS di papua,” kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

Ia menjelaskan, Papua telah lewati puncak tertinggi penyebaran covid-19 di Papua. Sehingga, diharapkan dalam hal pelayanan khususnya pemerintahan, harus dipastikan bahwa orang yang akan melayani masyarakat bebas dari covid-19.

“Sebelum kita melayani masyarakat, kita sudah pastikan kita semua terbebas dari covid-19, sehingga tidak ada lagi klaster baru yang timbul karena kita lalai,” ujar Wagub Klemen. Untuk swab tes tersebut, Klemen menyarankan agar dimulai pada pekan depan dari Provinsi dan menyusul ke kabupaten/kota di seluruh Papua.

Ia berharap, seluruh Pimpinan daerah maupun Provinsi Papua, segera mempersiapkan diri, dalam hal sarana prasarana untuk tes tersebut. “Kalau ada kabupaten yang belum siap atau belum memiliki alat PCR bisa bersurat ke satgas covid-19 papua, sehingga bisa di bantu proses swabnya sampai pemeriksaan PCR, “ tegas Klemen. **