Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano Kaget dan Surprise Jembatan Youtefa Ada di Uang Baru 75 Ribu

Uang kertas Rp 75.000/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada wartaplus.com, mengaku kaget dan surprise gambar jembatan merah Youtefa ada di uang RP 75.000,- yang baru saja dikeluarkan Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia (BI) sebagai uang spesial perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8).

Pecahan uang rupiah baru itu yakni pecahan nominal Rp 75 ribu. Uang khusus ini diterbitkan sebagai uang spesial Seri 75 Tahun Kemerdekaan RI. Produksinya pun limited, hanya sebanyak 75 juta lembar saja. “Saya keget sampai saya lihat ulang-ulang apa benar ini jembatan Youtefa,”ujarnya sembari tertawa, Rabu (19/8) pagi. Kata dia, setelah dilihat baik-baik benar ini jembatan Youtefa.

“Saya senang sekali dan bangga,”tandasnya. Disinggung apa ada pemberitahuan akan dipakainya gambar jembata Youtefa? Kata dia, tidak  ada pemberitahuan sama sekali, Ungkap Wali Kota, tidak ada yang memberitahukan soal gambar jembatan yang akan digunakan dalam uang tersebut. “Tiba-tiba saja sudah ada dalam uang tersebut, “ujar Wali Kota.

Dikatakannya, ini jembatan merupakan kebangggan Kota Jayapura dan Papua. “Ini suatu kebanggan bagi kita karena gambar jembatan ini digunakan dalam lembaran uang negara kita. Ini berarti rasa cinta Indonesia kepada Papua ini menunjukan persatuan dan kesatuan. Dan perhatian pemerintah sangan luar biasa dengan simbol-simbol kebangaan kita bisa digunakan dalam uang negara kita,”kata Wali Kota Jayapura.

Ini akan dikenang bukan hanya masyarakat Papua, kata Wali Kota Jayapura, tapi seluruh masyarakat Indonesia. “Mereka akan pegang uang ini dan memperhatikan adanya gambar jembatan ini, tentunya akan bertanya jembatan ini ada dimana,”ujarnya.

Lanjut dia, ini sekaligus mempromosukan jembatan bagi seluruh bangsa Indonesia. “Ini sesuatu yang tidaak akan dilupakan dan akan dikenang terus. Ini menegaskan Papua adalah bagian dari NKRI,“kata Benhur Tomi Mano.

Foto: Wali Kota Jayapura DR Benhur Tomi Mano/istimewa

Diketahui Jembatan merah Youtefa membentang di atas Teluk Youtefa menghubungkan Kota Jayapura, Kampung Hamadi, dan Distrik Muara Tami. Jembatan ini merupakan jembatan pelengkung baja terpanjang di Papua. Jembatan itu memiliki total panjang 11,6 km yang terdiri atas 433 m bentang tengah, 900 m jembatan pendekat sisi Youtefa, 320 m jalan pendekat sisi Hamadi, dan 9.950 m jalan akses.

Jembatan ini mampu memperpendek jarak tempuh dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw. Sebelum jembatan ini dibangun, perjalanan dari kawasan pemerintahan Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami menempuh jarak sejauh 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Namun, bila melewati Jembatan Youtefa maka jaraknya menjadi sekitar 12 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Ketika meresmikan Jembatan Youtefa, Jokowi mengatakan, jembatan itu merupakan tonggak sejarah di Papua. Bukan hanya sebagai simbol pemersatu Indonesia sebagai bangsa, jembatan itu juga merupakan sumpah membangun tanah Papua.

“Papua harus maju seperti wilayah lainnya di Indonesia," tutur Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat meresmikan Jembatan Youtefa, pada 28 Oktober 2019.

Jembatan Youtefa akan menumbuhkan embrio pusat kawasan ekonomi baru di wilayah perbatasan Skouw karena setelah pembangunan PLBN akan dilanjutkan dengan pasar dan kios. Jembatan ini juga akan digunakan sebagai sarana pendukung dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2020.

Jembatan ikonik berwarna merah dengan nilai konstruksi Rp1,8 triliun itu tak hanya terlihat cantik dan megah saat proses pembangunan selesai. Jembatan itu juga mengantongi dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) saat masa konstruksi berlangsung. Rekor pertama untuk pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor kedua untuk pemasangan jembatan rangka baja dengan bentuk utuh terpanjang.

Pembangunan Jembatan Youtefa dimulai sejak 9 Mei 2015. Saat itu peletakan batu pertama dilakukan sendiri oleh Presiden Joko Widodo. Jl Akses Sisi Hamadi sepanjang 400 m dengan nilai kontrak Rp51 miliar yang merupakan porsi Pemkot Jayapura. Kedua, bentang tengah sepanjang 433 m dengan nilai kontrak Rp943,6 miliar yang merupakan porsi Kementerian PUPR.

Ketiga, Jl Akses Jembatan Holtekamp sepanjang 9.950 m dengan nilai kontrak Rp225,7 miliar, merupakan porsi Kementerian PUPR. Keempat, Jembatan Pendekat Sisi Holtekamp sepanjang 60 m dengan nilai kontrak Rp151,8 miliar, merupakan porsi Kementerian PUPR. Dengan progres 97,14 persen. Kelima, Jembatan Pendekat Sisi Holtekamp sepanjang 840 m dengan kontrak Rp516,5 miliar merupakan porsi Pemprov Papua.

Pembangunan jembatan ini dilakukan oleh konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan, Tbk, PT Hutama Karya (persero), dan PT Nindya Karya (persero) dengan total biaya pembangunan sebesar Rp1,87 triliun dengan sokongan dana khusus APBN dari Kementerian PUPR senilai Rp1,3 triliun. Jembatan ini mulai dibangun Mei 2015.

Perakitan bentang utama Jembatan Youtefa yang merupakan tipe boks baja pelengkung tidak dilakukan di lokasi jembatan, di PT PAL Indonesia Surabaya. Produksi jembatan di Surabaya bertujuan meningkatkan aspek keselamatan kerja, meningkatkan kualitas pengelasan, dan mempercepat waktu pelaksanaan hingga 3 bulan.

Ini kali pertama, pembangunan jembatan di mana jembatan pelengkungnya dibuat utuh di tempat lain kemudian dibawa ke lokasi. Dari Surabaya bentang jembatan seberat 2.000 ton dan panjang 112,5 m ini dikirim menggunakan kapal laut dengan menempuh perjalanan sejauh 3.200 kilometer dalam waktu 19 hari. Pemasangan bentang pertama dilakukan pada 21 Februari 2018 sedangkan bentang kedua dipasang pada 15 Maret 2018 dengan waktu pemasangan kurang lebih 6 jam.

Terang benderangnya jembatan ini pada malam hari berasal dari pencahayaan intelligent color lighting, yang memungkinkan output cahaya yang dihasilkan bisa diprogram atau dikendalikan sesuai kebutuhan (fleksibel). Fleksibel dalam segi warna, tingkat terang (dimming), pemrograman, dan sebagainya. Intelligent color lighting ini bisa menghasilkan 16 juta kombinasi warna cahaya. Jembatan ini menggunakan 29 unit lampu ReachElite Powercore dan dikombinasikan dengan Vaya Flood RGB Medium Power sebanyak 125 unit.*