Masyarakat Kampung di Tapal Batas RI-PNG Baru Kali Ini Upacara HUT RI ke-75

Suasana upacara bendera dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI di Moso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura/Cholid

JAYAPURA,wrataplus.com - Masyarakat Kampung Moso yang berada di ujung Kota Jayapura, sekaligus juga berbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini, tidak ketinggalan untuk menggelar upacara bendera dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8) pagi.

Acara yang berjalan cukup sederhana itu, dilaksanakan di halaman balai Kampung Moso. Uniknya upacara tersebut tidak hanya dihadiri masyarakat lokal saja, melainkan Warga Negara PNG yang bermukim sementara pun mengikuti upacara bendera dalam rangkaian HUT RI ke 75 dengan hikmat.

Salah satu warga moso, Alfritus mengungkapkan upacara bendera di Moso ini baru pertama kali dilaksanakan setelah sekian lama. "Tidak pernah ada upacara bendera peringatan HUT RI di sini, selama Kampung ini berdiri. Ini baru pertama kali dan ini merupakan sejarah bagi kami, mengingat upacara ini dilakukan di kantor distrik," bebernya.

"Saya Papua, Saya Indonesia" Ini yang diucapkan pria kelahiran 52 tahun silam. Ia berharap tiap tahunnya upacara bendera yang memperingati HUT RI dilaksanakan di Kampung Moso. "Kami harap tiap tahun dilakukan. Kalau untuk semarak kemerdekaan kami selalu lakukan dengan lomba, tapi upacara ini baru sejarah bagi kami,"cetusnya.

Kampung Moso yang dihuni 52 Kepala Keluarga ini pun di akhir upacara bendera yang di inisiasi aparat keamanan baik TNI-Polri, mendapatkan bantuan beras sebanyak 1 Ton dari Mabes yang disalurkan langsung Kepolisian Polresta Jayapura Kota.*