8 Ton Bantuan Bahan Makanan buat Korban Tanah Longsor di Distrik Tembagapura

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat korban bencana tanah longsor di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Selasa (4/8). Penyerahan bantuan secara simbolis dilaksanakan di dikantor posko bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat korban bencana tanah longsor di Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Selasa (4/8).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilaksanakan di dikantor posko bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Jalan Busiri, Timika, Papua oleh Nathan Kum Vice President Community Development PTFI) didampingi Yohanes Bewahan (Manager Community Development – Social Local Development) yang diterima langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten Mimika Yosias Lossu. Adapun bantuan yang diberikan PTFI berupa bahan makanan kebutuhan pokok darurat dengan total berat kurang lebih 8 ton.

Masyarakat Kampung Jagamin, Baluni, Ainggogin, Omponi dan Tsinga Beanekogom serta kampung kampung disekitarnya mengalami musibah tanah longsor pada akhir minggu lalu. Diperkirakan setidaknya ada 8 rumah dan 6 jembatan yang rusak serta satu bangunan sekolah yang kondisinya miring karena tanah dibawahnya terkikis. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Mewakili seluruh karyawan PTFI, kami turut prihatin atas bencana tanah longsor yang terjadi di distrik Tembagapura. Saat ini, kami antarkan bantuan secara simbolis, untuk distribusi bantuan yang sebenarnya PTFI akan berkordinasi dengan BPBD dan pemerintah daerah Distrik Tembagapura. Hal ini terkait teknis distribusi bantuan ke lokasi yang saat ini hanya bisa dilakukan melalui transportasi udara menggunakan helikopter (choper). Hal ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang berada disekitar wilayah operasional PTFI. Semoga hal ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang terkena bencana tanah longsor,”ujar Nathan Kum.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Lossu yang menerima langsung bantuan secara simbolis dari PTFI mengatakan, “Kami sangat berterima kasih kepada PTFI yang mana telah tergerak hatinya memberikan bantuan bagi para korban tanah longsor di Distrik Tembagapura. Kami yakin bantuan ini akan sangat berarti bagi mereka yang terkena bencana. Kita semua tentu berharap situasi segera pulih. Saat ini pemerintah daerah dengan BPBD sedang berupaya mengatasi bencana tanah longsor bekerjasama dengan berbagai pihak terkait agar bencana ini cepat teratasi.”kata Yosias Lossu.*