Jangan Terburu-buru Minum Obat Ketika Pilek

Net

WARTAPLUS - Pr Seringkali ketika pilek melanda, kita memilih untuk segera mengonsumsi obat yang dijual bebas untuk meredakan gejalanya. Namun tahukah Anda, bahwa ada cara alami yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Disampaikan spesialis hidung dan tenggorok, Dr. S. Hendradewi SpTHT (K), Msi Med, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencuci hidung. Namun bukan sembarang cuci hidung. Menurut dokter yang akrab disapa Dewi ini, mencuci hidung harus dilakukan menggunakan larutan isotonik seperti air garam yang steril.

"Batuk pilek jangan langsung minum obat, karena obat itu bahan kimia, ada efek sampingnya. Lebih baik cuci hidung, kalau sedang sakit bisa 2-4 kali cuci hidung. Ini nggak ada efek sampingnya, dari pada minum obat yang sudah jelas-jelas ada efeknya," ujar dr. Dewi pada temu media Kampanye 'Cuci Hidung Setiap Hari' di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Ia menambahkan, sebagian besar masyarakat belum menyadari bahwa dengan mencuci hidung secara teratur setiap hari, dapat membebaskan aliran sinus dari allergen, bakteri, dan virus. Di samping itu, hidung yang kering akan menjadi lembab, jalan napas yang terganggu dapat lebih bersih, membersihkan lendir dan kotoran lainnya, sehingga dapat bernapas dengan lebih sehat.

"Kesehatan hidung penting sekali untuk dijaga, karena hidung adalah organ pertama yang menyaring udara pernapasan yang akan masuk ke dalam paru-paru. Selain itu, hidung berfungsi menjaga kelembapan, penghangat udara, dan sebagai indera penciuman," tambah dia. [net]