Freeport Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Iwaka dan Sekitarnya

Vice President Community Development PT Freeport Indonesia, Nathan Kum menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang di Kampung Iwaka dan Jalan Trans Nabire, Mimika, Papua diterima langusung Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) baru saja menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang di Kampung Iwaka dan Jalan Trans Nabire, Mimika, Papua. Bantuan ini telah diserahkan secara langsung oleh Nathan Kum Vice President Community Development PTFI) dan Yohanes Bewahan (Manager Community Development Social Local Development) yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob yang selanjutnya diserahkan ke Kepala BPBD Kabupaten Mimika untuk di distribusikan kepada masyarakat yang tertimpa bencana banjir. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan pada Kamis (30/7) dikantor Posko Bantuan Bencana BNPB Kabupaten Mimika, jalan Busiri, Timika, Papua. Adapun bantuan yang diberikan PTFI berupa bahan makanan kebutuhan pokok darurat dengan total berat kurang lebih 6 ton.

“Mewakili seluruh karyawan PTFI, kami turut prihatin atas banjir bandang yang melanda saudara-saudara kita di kampung Iwaka dan sekitarnya, terlebih karena bencana ini terjadi ditengah pandemi yang tentunya pasti terasa berat bagi kita semua. Untuk itu, kami menanggapi apa yang disampaikan pemerintah melalui bapak Wakil Bupati yang berkomunikasi dengan pimpinan kami. Saat ini, kami antarkan bantuan dari kami, mohon jangan dilihat dari besarnya tapi ini merupakan kepedulian kami semua dari perusahaan untuk saudara-saudara kami di kampung Iwaka dan sekitarnya yang terkena musibah banjir. Semoga hal ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kami yang terkena banjir,”jelas Nathan Kum.

Banjir bandang ini memaksa ratusan keluarga di Kampung Iwaka dan sekitarnya terisolasi dan tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari karena terkepung banjir, seluruh bangunan fasilitas umum seperti gedung SD YPPK Iwaka juga terendam banjir dengan ketinggian air sekitar satu setengah meter. Saat ini banjir sudah mencapai lima distrik, distrik Kuala Kencana, distrik Iwaka, distrik Mimika Tengah, Distrik Mimika Barat, distrik Mimika Barat Jauh. Tidak hanya itu, banjir bandang juga telah merusak dan memutus jalan Trans Nabire yang menghubungkan Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Mimika.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob yang menerima langsung bantuan dari PTFI mengucapkan, terima kasih atas bantuan yang PTFI berikan bagi para korban banjir bandang.  

”Kami yakin bantuan ini akan sangat berarti bagi mereka karena kebutuhan pokok sehari-hari dapat tetap terpenuhi. Semoga situasi segera pulih, air segera surut, dan masyarakat bisa melakukan aktifitasnya kembali. Saat ini jalan trans Nabire terputus, kami (Pemerintah.Red) sudah berkomunikasi dengan menteri PUPR untuk perbaikan dan pemulihan namun pasti hal ini akan makan waktu yang cukup lama. Saat ini pemerintah dengan BNPB sedang mengupayakan distribusi logistik untuk masyarakat secepatnya. Sambil menunggu surutnya air, kami akan terus memantau perkembangan kebutuhan para korban khususnya yang masih terisolasi. Sekali lagi saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mengucapkan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia yang telah memberikan bantuan ini dan salam kami untuk semua karyawan,”ujar Johanes Rettob.*