Jubir COVID-19 Papua : Informasi Penutupan Bandara Hoax

Tampak depan Bandara Sentani/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule angkat bicara terkait informasi yang beredar melalui media sosial bahwa akan ada penutupan bandara di papua yang akan berlaku tanggal 26 Juli mendatang.

Kepada wartawan di Kota Jayapura, Silwanus Sumule menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoax, karena hingga saat ini Pemerintah Provinsi Papua belum membahas hal tersebut.

“Informasi tersebut tidak benar atau hoax. Belum ada rencana penutupan bandara,” katanya saat memberikan keterangan pers virtual dari Posko Gugus Tugas Provinsi Papua, Selasa malam.

Silwanus mengaku, dalam beberapa hari terakhir Pemerintah Provinsi Papua sering menggelar rapat dengan tim gugus tugas dan forkopimda, namun tidak ada pembehasan terkait penutupan bandara.

“Tadi kami ada pertemuan, tapi tidak ada pembahasan khusus soal itu. Kita tetap berpegang pada surat edaran yang dikeluarkan oleh gubernur papua dan forkopimda, jadi info yang beredar adalah hoax,” tegasnya.

Silwanus yang juga menjabat Sekertarris Dinas Kesehatan Provinsi Papua ini menyebut, evaluasi baru akan dilakukan pada tanggal 31 Juli mendatang, oleh karena itu semua pihak dihimbau tetap mengikuti aturan pemerintah.

“Jadi kita masih konsisten dengan apa yang sudah di sepakati bersama dan akan kita kerjakan hingga 31 Juli. Jika ada perubahan maka akan disampaikan kepada khalayak,” pintanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi Papua menutup akses penerbangan penumpang ke papua kurang lebih tiga bulan terhitung sejak tanggal 26 Maret – 4 Juni 2020. Penutupan tersebut untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di Bumi Cenderawasih.**