Peresmian Kantor Polres Puncak

Kapolda Papua: Jadikan Kantor Polisi Rumah Bagi Masyarakat Selesaikan Masalah

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Istimewa

PUNCAK,wartaplus.com – Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw melakukan peresmian kantor Polres Puncak Selasa (21/7). Peresmian dihadiri  Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Bupati Puncak Willem Wandik, pejabat utama Polda Papua, Kapolres Puncak AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.Sos, dan tamu undangan lainnya.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyampaikan ucapan syukur sebab sejak Senin kemarin sampai pada hari ini cuaca menyambut dengan bagus. Menurut Pangdam, ini pertanda niatan  yang baik dan atas izin masyarakat serta tokoh adat di Kabupaten Puncak.

“Kita ada disini untuk meresmikan Kantor Polres Puncak, kami berharap situasi kamtibmas disini bisa selalu aman damai sejahtera sehingga Kodim dan Polres dapat membantu dari sisi ekonomi pendidikan terutama keamanan di Kabupaten Puncak,”ujar Pangdam.

Dia menjelaskan, perintah Presiden untuk TNI-Polri akan membantu masyarakat guna membangun kesejahteraan masyarakat dan mendorong agar aman tertib serta lancar.

"Kami iuga mengundang masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kabupaten Puncak," ajak Pangdam

Sementara itu Bupati Puncak Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan puji syukur atas peresmian Polres Puncak.

“Secara pribadi dan sebagai Bupati saya bangga dengan terlaksananya Polres Puncak, setelah 17 tahun akhirnya baru memiliki Polres sendiri. Ini merupakan proses yang panjang hingga sampai bisa di resmikan hari ini. Saya berterima kasih kepada Kapolda dan Pangdam karena adanya Polres dapat membantu kebutuhan masyarakat khususnya ketertiban dan keamanan masyarakat Puncak,”ujar Bupati.

Kata dia, Polres sangat dibutuhkan dengan berkoordinasi bersama seluruh stakeholder untuk membantu kinerja  di Kabupaten Puncak. Untuk tugas operasional Kepolisan sangat memerlukan bangunan untuk menunjang kinerja Kepolisan di Kabupaten Puncak.

"Distrik Gome, Dofo, Kogoma, Amndume dan Wangbe itulah Distrik yang belum memiliki Polsek dan kami berharap dapat di bangun Polsek agar dapat membantu Kamtibmas di daerah tersebut," harap Bupati.

Willem menambahkan, Pemerintah Kabupaten Puncak sangat mendukung adanya Kepolisian untuk membantu menjaga Kamtibmas, prioritas yakni perlu dipersiapkan SDM untuk kebutuhan lapangan kerja di Kabupaten Puncak.

“Pembentukan SDM Puncak merupakan tugas bersama dan termasuk seluruh Stakeholder, jadi kami menitipkan dan mengharapkan bantuan Kapolda dan Pangdam untuk Pemuda Puncak agar di bantu untuk menjadi anggota TNI-Polri semua ini dimaksudkan untuk mengambil andil dalam pembangunan keamanan di Papua,”tukasnya.

Lebih jauh ungkap Willem, menciptakan keamanan merupakan tanggung jawab semua pihak

"Jadi harapan saya semua tokoh-tokoh bersama membangun dan meningkatkan keamanan di Kabupaten Puncak. Saya meminta setiap orang agar melihat setiap peluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Puncak," pintanya.

Willem membeberkan, yang menjadi permasalahan di Kabupaten Puncak adalah pertikaian atau perang saudara dan ini merupakan masalah yang luarbiasa.

"Hal inilah yang membuat kami membutuhkan tenaga lebih dan kami akan meminta hukum positif yang akan di tegakkan oleh TNI Polri dan akan dilaksanakan masyarakat agar tidak selalu terjadi perang saudara," tegasnya.

Foto: Bupati Puncak Willem Wandik dan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menandatangani prasasti peresmian Kantor Polres Puncak/Istimewa

“Kita sudah koordinasi dengan Uncen untuk membuat telaah hukum agar kepolisian tidak serba salah mengambil keputusan di Kabupaten Puncak tentang penangan masalah perang suku. Ancaman dari orang luar yang membuat, setelah Polres selesai kami minta agar personil di Puncak lebih di perbanyak,”ujarnya

Selama ini kami sering memberi insentif kepada TNI Polri yang ada disini untuk menunjang kinerja TNI Polri. “Dulunya kantor Polres merupakan bangunan Kantor Bupati tapi mohon jangan dilihat dari bangunannya tapi tolong dilihat dari kerinduan Puncak akan kemanan dan ketertiban di Kabupaten Puncak,”ujarnya. Saya berterima kasih kepada Presiden dan Kapolri karena mengijinkan pembangunan Polres di Kabupaten Puncak untuk menertibkan keamanan.

Rumah Bagi Masyarakat 

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya mengatakan bahwa,  selaku Kapolda Papua mengapresiasi kepada Bupati Kabupaten Puncak dan seluruh pihak yang telah turut membantu dan berupaya dengan maksimal hingga rampungnya pembangunan kantor Polres Puncak ini.

“Saya sangat berharap agar Mako ini menjadi tempat yang nyaman, bersahabat dan menjadi tumpuan untuk menyelesaikan masalah - masalah kemasyarakatan,”kata Kapolda.

Kapolda pun  berpesan kepada anggotanya agar menjaga dan memelihara bangunan kantor yang sudah ada dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan yang baik dan benar akan memberikan kenyamanan dalam bekerja serta akan memperpanjang usia pakainya yang tentu saja akan memberikan penghematan dalam penggunaan anggaran.

"Tingkatkan kinerja setiap petugas Kepolisian sebagai jawaban atas peningkatan sarana dan prasarana yang sudah ada serta hindarkan dari setiap tindakan, perbuatan, perkataan serta sikap yang kontraproduktif dengan prinsip-prinsip pelayanan yang prima," seru Kapolda

Jadikan setiap kantor Polisi menjadi rumah bagi masyarakat dalam menyelesaikan setiap masalahnya. Oleh karena itu, tingkatkan pengetahuan, baik masalah hukum, adat istiadat, dan hukum agama serta alternatif pemecahan masalahnya sehingga akan sangat berguna dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat. *