Kebakaran Pasar Youtefa Dinihari Tadi, Kerugian Mencapai Puluhan Miliar

Ratusan petak kios di Pasar Youtefa yang terbakar/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan kerugian pasca kebakaran hebat yang mengahanguskan ratusan petak kios di pasar Youtefa diperkirakan mencapai hingga puluhan Milliar Rupiah. “Untuk kerugian akibat musibah itu ditaksir puluhan miliar,” ungkapnya ketika ditemui di Mapolresta Jayapura Kota, Selasa (22/7) pagi.

Ia pun belum bisa memastikan penyebab kebakaran, mengingat saat ini pihaknya masih melakukan penyilidikan dan penyidikan lebih lanjut termaksud melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Kami belum bisa pastikan, yang jelas anggota masih bekerja dengan olah TKP dan mencari informasi, dimana sebelumnya empat orang saksi telah dimintai keterangan. Mengingat kejadian tepat tengah malam, maka dugaan sementara akibat kosleting listrik,” bebernya. Dari data yang diperoleh lapak jualan serta kios milik pedaganga yang hangus terbakar di Pasar Youtefa berjumlah 421 petak. “Kios  yang terbakar mencapai 93 kios, dengan rincian 39 Blok B1, dan 54 belok B2, Sementara lapak ada 328,” bebernya.

Lanjut Kapolresta, untungnya dalam musiah itu tidak ada korban jiwa, maupun luka-luka, namun yang menjadi kesulitan yakni pemadama api yang memakan waktu cukup lama. “Api dapat dipadamkan 6 jam kemudian, sejak pukul 01.00 WIT sampai dengan 06.55 WIT, setelah 11 unit mobil pemadam kebakaran baik dari Polda dan pemerintah di bantu warga sekitar,” jelasnya.