Dari 900 Personel Satgas Pamtas yang Tiba di Jayapura, Enam Reaktif

Pemberlakuan protokol kesehatan bagi prajurit Satgas Pamtas RI-PNG yang baru tiba di pelabuhan Porasko Jayapura, Jumat (17/7)/dok.Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 900 personel prajurit TNI tiba di Pelabuhan Utama Jayapura, Kamis (16/7), dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG di wilayah Kolakops Korem 172/PWY.

Personel yang berasal dari dua batalyon tersebut yakni Yonif 100/Prajurit Setia dan Yonif 312/Kala Hitam diterima langsung oleh Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Korem 172/PWY dengan  upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG yang berlangsung dengan hikmat.

Sebelumnya, Korem 172/PWY telah menerima sebanyak 450 personel dari Yonif 413/BRM pada Minggu, (12/7) lalu.

“Pada hari ini kami mewakili Panglima Kodam XVII/Cenderawasih menerima lagi tambahan sebanyak 900 personel dari dua batalyon yang akan menggantikan satgas pamtas yang tergelar saat ini di wilayah Kolakops Korem 172/PWY,’ ungkap Danrem di sela-sela kegiatan.

Danrem menyebut selama proses debarkasi, seluruh prajurit melaksanakan protokol covid-19 sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke Papua.

“Sejak turun dari kapal mereka langsung di ukur suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan baik prajurit maupun perlengkapannya serta melaksanakan rapid test,” beber Danrem

Dari hasil rapid test, lanjut Danrem, ditemukan 6 prajurit reaktif yakni 3 prajurit dari batalyon 100/PS dan 3 prajurit lainnya ari batalyon 312/KH.

“Keenam prajurit tersebut, segera dirujuk ke RS. Marthen Indey untuk dilakukan karantina dan melakukan tes lanjutan. Sedangkan personel yang lain akan ditampung di Rindam XVII/Cenderawasih,” jelas Danrem.

“Di Rindam mereka akan diberi pembekalan-pembekalan sebelum melaksanakan tugas dan kami juga akan mengamati bagaimana kesehatan mereka, jika semuanya telah siap barulah akan dilaksanakan pergeseran ke pos-pos di daerah perbatasan,” sambungnya.**