Tahun Ini Provinsi Papua Gelar Lomba 17 Agustus Bertemakan Covid-19

Pemerintah Provinsi Papua menggelar rapat dalam rangka persiapan pelaksanaan Hut Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75, berlangsung di Sasana Karya kantor Gubernur Papua, Rabu (15/7)/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Pemerintah Provinsi Papua menggelar rapat dalam rangka persiapan pelaksanaan Hut Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75, berlangsung di Sasana Karya kantor Gubernur Papua, Rabu (15/7)

Rapat dipimpin Asisten II Provinsi  Papua, Muhammad Musaad, dan dihadiri sejumlah instansi dan lembaga terkait

Dalam paparannya. Musaad menegaskan, tidak seperti tahun tahun sebelumnya dimana selalu digelar lomba dalam rangka perayaan hut kemerdekaan RI. Maka di tahun ini kemungkinan tidak digelar lomba khas 17-an karena alasan Covid 19

“Namun untuk perlombaan kita akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kita saat ini. Kemungkinan kita akan membuat lomba dengan tema Covid 19 yaitu seperti perlombaan pelayanan terbaik di tengah Covid 19, baik itu di perbankan, pertokoan, dan lainnya,” ungkap Musaad.

Menurut dia, meskipun dilaksanakan kegiatan peringatan HUT proklamasi dengan sederhana. Namun harus bermakna dan tetap terjaga sehingga dapat berjalan dengan penuh hikmat serta aman.

“Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Proklamasi ke 75, akan diadakan lomba yang berkaitan dengan Covid 19 atau mengangkat tema Covid 19,” tutur Musaad.

Dia berharap, jangan karena dalam masa pandemic Covid-19, peringatan hari kemerdekaan RI,  17 Agustus 1945 dilupakan.

Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan untuk menyemarakkan Hut RI ke-75 antara lain pada 1 Agustus 2020 akan dilaksanakan soft launching kegiatan seperti jalan santai, senam dan itu sesuai yang telah dianjurkan dalam menghadapi Covid 19 yaitu berolahraga sambil tetap memperhatikan Protokol kesehatan.

“Kegiatan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia akan dimulai 1 Agustus 2020 sampai 30 agustus 2020. Jadi selama bulan Agustus kali ini kita akan melaksanakan kegiatan dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan RI, lomba yang diadakan sebisa mungkin melibatkan generasi muda dalam rangka meng-Charge generesi muda agar memperkuat rasa Nasionalisme,” tukas Musaad.

Sementara untuk seksi lomba juga akan dirancang lomba antar umat beragama, contohnya antar masjid, gereja dan pura. Hal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi. Sebab pada momen inilah sangat baik untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH dalam kesempatannya menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu dilaksanakan Upacara Hari Bhayangkara ke 74 secara Virtual dengan inspektur upacara  Presiden Joko Widodo yang di ikuti oleh seluruh Polda dan Polres Jajaran.

“Kita melaksanakan ini secara virtual di karenakan saat ini kita sedang berada dalam situasi Pandemi Covid 19 agar aman oleh karna itu instruksi dari pimpinan Polri di laksanakan secara Virtual,” beber Kamal

Pun dengan pelaksanaan upacara yang  jumlah pesertanya dibatasi.

“Hal ini juga mungkin kita bisa laksanakan pada Hari peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 ini agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan,” usul Kamal seraya menambahkan, kegiatan lomba juga bisa dilaksanakan secara virtual

“Untuk menjaga Sinergitas TNI-Polri baiknya setiap kegiatan yang melibatkan Polri harus juga terlibat TNI, begitu juga sebaliknya,” usulnya lagi.**