Peringatan Hut Bhayangkara di Puncak Jaya, Tingkatkan Sinergitas TNI Polri dan Masyarakat

Apel syukuran Hut Bhayangkara ke-74 di Mapolres Puncak Jaya, Rabu (1/7)/dok.Humas Puncak Jaya

MULIAwartaplus.com - Peringatan HUT Bhayangkara ke-74, Polres Puncak Jaya gelar acara syukuran secara sederhana namun penuh hikmat karena di tengah pandemi Covid-19

Acara syukuran di halaman Mapolres Puncak Jaya  Rabu (1/7), berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Hadir dalam acara syukuran, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, bersama jajaran Muspida setempat, sejumlah pimpinan OPD, dan perwakilan tokoh agama dan 

Hut Bhayangkara ke-74 mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama juga telah dilangsungkan upacara kenaikan pangkat kepada beberapa anggota Polri Puncak Jaya yang berprestasi maupun reguler. 

Dalam amanatnya, Kapolres Puncak Jaya AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM menyampaikan terima terima kasih untuk semua tamu udangan yang hadir 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang menghadiri acara syukuran HUT Bhayangkara ke 74. Kepolisian saat ini masih jauh dari sempurna, untuk itu izinkan kami memohon maaf apabila terdapat kekurangan selama pelaksanaan tugas maupun pelayanan dilapangan” ungkap Kapolres, seperti dikutip dari rilis Humas Puncak Jaya

Kapolres menuturkan, pada prinsipnya Polri menerima saran, masukan dan kritik masyarakat untuk perbaikan kedepannya. 

"Kami mengakui bahwa keterbatasan personil kami serta faktor kondisi geografis yang ada di Kabupaten Puncak Jaya ini masih banyak hal yang belum kami lakukan seperti kunjungan ke distrik-distrik dalam rangka sosialisasi guna penggalangan dan mengayomi masyakarat," akunya

Ke depan, lanjut Kapolres, peran Polri untuk terjun dalam kunjungan ke distrik dan kampung akan ditingkatkan.

Dia berharap, pandemi covid 19 yang saat ini melanda negeri segera berakhir dan aktivitas masyarakat dapat kembali normal. 

Bupati Apresiasi TNI Polri

Sementara itu Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Polres Puncak Jaya. 

"Dengan bertambahnya usia Polri yang ke - 74 diharapkan eksistensi Polri semakin luas dan menjangkau seluruh pelosok tanah air," harap Bupati Yuni

"Hari ini genap Polri berusia yang ke -74, usia ini bukan usia yang muda lagi, sudah lebih dari setengah abad Kepolisian Republik Indonesia telah berkarya dan mengabdi diseluruh pelosok Tanah Air Indonesia," sambungnya

Bupati Yuni juga menambahkan bahwa sesuai tema nasional yang diusung Polri, pihaknya mengapresiasi kinerja dan pengabdian Polri yang bersama TNI dapat bersinergi dengan baik, sehingga Puncak jaya bisa aman dan kondusif.

“Dengan tema hari ini yang luar biasa yaitu Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif, Puncak Jaya salah satu Daerah yang selalu dikatakan zona merah tapi jujur bahwa didalam zona merah ini pengabdian Polri maupun TNI sangat luar biasa," puji Bupati

Daerah ini, lanjut dia, bisa jadi kondusif bukan karena siapa-siapa namun berkat kuasa Tuhan lewat pimpinan TNI-Polri, 

Dengan terciptanya suasana kondusif, masyarakat Puncak Jaya dapat beraktivitas dan lebih produktif

Menutup sambutan, Bupati Yuni mengatakan bahwa semangat Bhayangkara harus terus ada dan ditingkatkan sehingga pelayanan terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Puncak Jaya dapat berjalan dengan maksimal.

“Selamat hari ulang tahun Bhayangkara  yang ke-74 tahun, semoga dengan bertambahnya usia ini, semangat yang ada di tubuh Bhayangkara harus kita tingkatkan dan semoga Tuhan memberkati kita semua” tutup Bupati.  

Perlu diketahui bahwa rangkaian pelaksanaan HUT Bhayangkara telah diawali dengan kegiatan amal yaitu pembagian masker gratis dan hand sanitizer kepada masyarakat di pusat keramaiandan tempat umum. 

Adapun Puncak pelaksanaan dilakukan tradisi pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada personil termuda dan Kepala suku dalam institusinya.

Acara yang paling ditunggu oleh yang hadir, ditutup dengan pengundian Doorprize berhadiah dengan hadiah utama 2 unit sepeda. 

Sehari sebelumnya, dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke - 74, Kapolda Papua Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw telah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, terlebih khusus kepada Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda yang telah bersinergi dan bekerja dengan maksimal dalam merangkul salah satu kelompok KKB di Puncak Jaya.

Yang menarik bahwa, dihari yang sama juga terjadi mutasi jabatan Wakapolres Puncak Jaya. Kompol Mulia Wicaksono, S. IK dipromosikan menjadi Wakapolres Biak. Selain itu, Kabag Sumda Res Puja, Kompol Marten Luther juga ikut dimutasi ke Polresta Jayapura.

Wakapolres, Mulia Wicaksono menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan selama pelaksanaan tugasnya di Puncak Jaya. (Adv)