Kampung Tangguh Papeda Manfaatkan Potensi Kearifan Lokal

Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya S.I.K dan Wadir Binmas Polda Papua AKBP Yamin Dian Priono/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com -  Dialog Interaktif Polisi Menyapa dengan Tema Program Kampung Tangguh di Polda Papua, Kamis (2/7) pukul 08.00 bertempat di Media Center Bidang Humas Polda Papua dengan sebagai narasumber Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya S.I.K, Wadir Binmas Polda Papua AKBP Yamin Dian Priono. Dialog Polisi Menyapa ini disiarkan live di RR Nusantara V Jayapura.

Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya S.I.K,mengungkapkapkan, bertepatan dengan hari Bhayangkara ke 74 kemarin, kami bersama bapak Kapolda Papua baru saja melauncing kampung Tangguh Papeda.

“Ini kami jadikan pilot projek karena di Keerom ada keunggulan tersendiri di bagian sektor pertanian maka dari itu kami dengan berbagai pertimbangan memilih Kabupaten Keerom sebagai tempat pembentukan Kampung Tangguh Papeda, yang nantinya akan menjadi contoh bagi daerah lain agar melakukan hal yang sama,”ujarnya.

Kampung tangguh ini juga kami bentuk dengan melihat berbagai potensi kearifan lokal yang harus kita kembangkan, dengan cara mendorong masyarakat untuk membentuk kampung yang bersih dan sehat serta tangguh melawan dari berbagai dampak dari Covid-19.

“Ini juga nantinya akan melaksanakan kegiatan yang bisa membantu dari sektor ekonomi agar nantinya masyarakat bisa memanfaatkan potensi tersebut, sehingga tidak harus bepergian ke kota jika tidak ada hal yang mendesak jika memang tidak ada hal hal yang penting,”kata Aris Purbaya.

Sementara itu Wadir Binmas Polda Papua AKBP Yamin Dian Priono mengatakan, pembentukan Kampung Tangguh Papeda ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat untuk bersinergi melawan dampak dari Pandemi Covid-19 yang kita tidak tau kapan akan berakhir.

“Kaitan dengan pademi Covid-19 ini banyak kegiatan yang saat ini kita tidak bisa laksanakan di outdor, untuk itu Bhabinkamtibmas ini nantinya berperan membantu masyarakat dengan memberikan sosialisasi agar masyarakat paham bahwa saat ini kita harus mempunya inovasi untuk bagaimana kita menghadapi kedepan yakni tatatan kehidupan baru atau new normal,”katanya

Selain itu nantinya juga ada kegiatan Polisi Pi Ajar di rumah bukan di sekolah lagi sebagaimana yang sebelumnya. Ini dikarenakan wabah pandemi Covid-19 memaksanakan sekolah untuk diliburkan, maka dari itu kami berniat untuk mengajak anak anak untuk tetap belaja,”ujarnya.

Diungkapkan, Bhabinkamtibmas di Kampung Warbo juga bekerja sama dengan Bid TIK Polda Papua sehingga di Kampung Warbo nantinya bisa menggunakan jaringan 4G, yang nantinya bisa di mamfaatkan oleh masyarakat dan anak untuk belajar dan mencari informasi di Internet.*