Mengenal Arko, Anjing Pelacak Narkoba Milik Samapta Polda Papua

Arko, anjing pelacak milik unit K-9 Dit Samapta Polda Papua yang rutin latihan/dok.Humas Polda Papua

JAYAPURAwartaplus.com – Unit Satwa (K9) Direktorat Samapta Polda Papua, rutin melaksanakan latihan guna mengasah keterampilan atau kemampuan Satwa anjing. 

Seperti latihan pada Selasa (23/6), dimana seekor Satwa anjing di terjunkan untuk latihan kali ini bernama Arko.

Anjing ini memiliki spesifikasi kemampuan sebagai pelacak Narkotika, Bahan Peledak dan Pelacak SAR.

Pelatihan rutin bertujuan agar Satwa anjing Unit Satwa (K-9) Direktorat Samapta Polda Papua lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Selain itu  untuk melatih kemampuan indra penciuaman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas Kepolisian.

Dikutip dari rilis Humas Polda Papua, Kanit Satwa K-9 AKP Musa Rumbiak mengatakan beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memandikan anjing tiga kali dalam seminggu, menjaga kesehatan dengan rutin dilakukan pemeriksaan ke dokter hewan, menjaga kebersihan kandang serta memotong bulu dan kuku.

"Unit Satwa K-9  mempunyai cara jitu untuk memulihkan stamina pasukan satwanya yaitu dengan rutin memberikan vitamin dan latihan fisik setiap harinya " ungkap Musa

Lanjut kata dia, pihaknya terus meningkatkan kemampuan Anjing pelacak tersebut dengen tetus berlatih setiap haringa

"Jika sewaktu-waktu di butuhkan dalam pengamanan tugas teknis Kepolisian dan Operasi kepolisian lainnya, maka kita sudah siap,"terangnya

AKP Musa Rumbiak menambahkan keberadaan Unit Satwa K-9 sangat membantu tugas Polri karena dari kepintaran dan ketangkasannya anjing tersebut kerap digunakan untuk mengungkap kasus maupun pelacakan benda berbahaya atau zat adiktif yang terkadang disembunyikan oleh para pelaku kriminalitas.

"Dengan adanya pelatihan ini, tak hanya kemampuan sang anjing yang meningkat tetapi pawangnya juga akan semakin mahir dan selalu siap saat dibutuhkan," pungkas Musa.**