Tangkal Corona, Ribuan Pedagang di Pasar Youtefa Jalani Rapid Test Massal

Tampak sejumlah pedagang dari Pasar Youtefa mengikuti rapid test yang dilakukan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura/ Doc. Humas Kota Jayapura

JAYAPURA, wartaplus.com – Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kota Jayapura, maka Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura melakukan rapid test massal kepada 1.800 pedagang di Pasar Youtefa, Senin (22/6) pagi.

Rapid test terhadap 1.800 pedagang ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan. Untuk hari pertama rapid test dilakukan bagi pedagang lapak kios, hari kedua bagi pedagang los dan hari ketiga bagi pedagang pelataran.

Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura yang juga selaku Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, menghimbau seluruh pedagang di Pasar Tradisional Yotefa dapat aktif melakukan rapid test yang dilakukan pemerintah.

“ Kita harap semua pedagang di Pasar Youtefa aktif untuk melakukan rapid test dan tidak boleh tidak. Karena ini penting agar kita mengetahui bahwa penyebaran virus corona ini sudah mulai kurang, jadi rapid test ini harus diikuti oleh semua pedagang,” katanya kepada wartawan usai meninjau langsung proses rapid test terhadap para pedagang, Senin siang.

Menurutnya, rapid test ini dilakukan untuk menjadikan Kota Jayapura bebas COVID-19 dan persiapan menuju new normal yang akan diterapkan pada awal Juli mendatang.

“Kalau nanti jumlah yang reaktifnya sedikit, maka ini menunjukan bahwa kita sudah mengarah kepada new normal yang akan diterapkan pada Juli mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Pedagang Pasar Yotefa, Winarto Iskandar, mengapresiasi rapid test yang dilakukan oleh gugus tugas. Menurutnya, dengan rapid tets yang dilakukan mereka (pedagang) bisa mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

“Dengan adanya rapid test ini kita bisa tau kondisi kami para pedagang, jadi menurut saya ini sangat bagus. Ini juga untuk bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Jayapura,”ucapnya.

Dirinya berharap, semua pedagang di Pasar Youtefa untuk berpartisipasi ikut ambil bagian untuk memerangi COVID-19 di Kota Jayapura. “Kepada pedagang yang lain jangan takut melakukan pemeriksaan rapid test. Ini juga untuk kesehatan kita,” imbuhnya.

Sementara itu, dari data Gugus Tugas COVID-19 Kota Jayapura, hingga Minggu malam jumlah pasien positif di Kota Jayapura sebanyak 740 kasus, 466 dalam perawatan, 265 sembuh dan 9 orang meninggal dunia.