Berbagi Kasih Polda Papua kepada Mama-Mama Penjual Noken

Polda Papua melalui Direktorat Intelkam memberikan sembako kepada 15 perwakilan mama-mama penjual noken di Pasar Sentral Hamadi, Kelurahan Hamadi, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (19/6) siang/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Polda Papua melalui Direktorat Intelkam memberikan sembako kepada 15 perwakilan mama-mama penjual noken di Pasar Sentral Hamadi, Kelurahan Hamadi, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (19/6)  siang. Kasubdit II Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Papua Kompol Laurens T Tukan didampingi sejumlah personelnya mengatakan pemberian sembako itu sebagai bentuk kepedulian kepada para pelaku usaha kecil atau home industri, khususnya mama-mama penjual noken di Kota Jayapura.

"Hari ini kami berikan bantuan sembako kepada para pelaku usaha kecil yakni mama-mama pembuat dan penjual noken di Pasar Sentral Hamadi dan sekitarnya sebagai bentuk kepedulian Polri dalam hal ini Polda Papua ditengah pandemi corona atau Covid-19 dan juga bentuk dari pembinaan kepada mama-mama pembuat noken," katanya dalam keterangan terulis.

Dia menyebutkan sembako yang diberikan kepada masing-masing mama-mama Papua pembuat noken itu di antaranya beras 10 kg, mi  instan satu karton, gula pasir, daun teh dan minyak goreng dengan harapan bisa membantu ekonomi keluarga ditengah pandemi corona.

"Kesempatan ini, kami juga mengimbau kepada mereka agar tidak membuat motif atau corak noken yang bertentangan dengan aturan, termasuk ajak mereka bantu mendukung kamtibmas yang aman dan nyaman," katanya.

Selain memberikan bantuan sembako, kata mantan Kasat Intel Polresta Jayapura Kota itu kemukakan, mama-mama pembuat noken juga diajak untuk ikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan guna menyambut kebijakan normal baru yang telah digaungkan oleh pemerintah.

"Tentunya kami juga sampaikan agar mama-mama penjual noken tidak lupa untuk terapkan protokol kesehatan, cuci tangan usai beraktivitas, pakai masker, jaga jarak dan saat berjualan tidak terlalu berkerumun untuk mencegah penyebaran virus corona," katanya. Sebagai bentuk perhatian, Kompol Laurens yang pernah bertugas di Polres Paniai pada lima tahun lalu itu memesan sebanyak  30 noken motif bendera Merah Putih dengan tulisan Aku Cinta Papua kepada mama-mama pembuat noken.

"Kami juga pesan kepada mereka untuk membuat noken sebanyak 30 lembar dengan motif merah putih bertuliskan Aku Cinta Papua. Hal ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam melestarikan noken dan mendukung ekonomi keluarga mereka yang hanya  bergantung dari merajut noken," kata Kompol Laurens.

Sementara itu, Mama Bertha Tekege salah satu dari 15 perwakilan mama-mama pembuat noken yang menerima bantuan sembako itu menyampaikan terima kasih kepada Polda Papua dalam hal ini Direktorat Intelkam.

"Terima kasih kepada bapak-bapak dari Polda Papua yang sudah datang melihat dan membantu kami, ini yang pertama kali kami terima sembako, semoga Tuhan memberkati bapak-bapak dalam pekerjaan," kata Bertha Tekege.Sedangkan, Mama Ana Mote yang menjadi koordinator mereka mengaku perhatian dari Polda Papua sangat luar biasa, karena bisa memesan 30 noken untuk dibuat oleh mama-mama pembuat noken.

"Terima kasih kepada Pak Laurens Tukan dan personelnya yang sudah perhatikan kami, mama-mama penjual noken. Kami sudah diberikan sembako berupa beras dan lainnya. Kami juga diberikan tugas untuk mebuat 30 noken sebagai bentuk kepedulian kepada kami ditengah pandemi corona,"katanya.*