13 Tenaga Medis Terpapar COVID-19, Total 52 orang di Papua

Tampak sejumlah tenaga medis sementara melayani warga yang melakukan test cepat di Kota Jayapura/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Jumlah tenaga medis di Provinsi Papua yang terpapar virus corona atau COVID-19 bertambah 13 orang. Dengan tambahan tersebut jumlah tenaga medis yang terpapar virus corona menjadi 52 orang.

Juru Bicara Sartgas Penaganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, menyebut, tambahan 13 tenaga medis yang terpapar COVID-19 ini berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

“Sebelumnya ada 34 tenaga medis yang terpapar COVID-19, kemudian hari Jumat ada 5 dan hari ini ada 13 orang. Dengan demikian maka jumlah tenaga medis kita yang positif COVID-19 menjadi 52 orang,” katanya kepada pers di Kota Jayapura, Minggu (7/6) malam.

Dikatakan, 13 tenaga medis yang terpapar COVID-19 terdiri dari tenaga medis yang bekerja di Puskesmas dan Rumah Sakit yang melayani pasien COVID-19.

“Mereka ini tersebar, jadi bukan hanya di rumah sakit tetapi juga ada di puskesmas,” ucapnya.

Dengan tambahan tenaga medis yang terpapar COVID-19, Silwanus Sumule meminta kepada masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas maupun rumah sakit untuk jujur kepada tenaga medis.

“Dengan adanya peningkatan kasus kepada petugas kesehatan kita, maka kami berharap masyarakat yang berkunjung ke RS maupun Puskesmas untuk jujur menyampaikan kondisi kesehatannya. Sampaikan apabila pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19 sehingga bisa ditangani,” imbuhnya.

Meski terdapat tenaga medis yang terpapar COVID-19, namun Sumule tetap memberikan semangat bagi tenaga medis untuk tetap bekerja melayani masyarakat.

“Kepada seluruh petugas kesehatan yang melayani masyarakat kami tetap menghimbau untuk menggunakan APD, bekerja sesuai SOP, menjaga kebugaran tubuh agar dapat bekerja menangani pasien,” pesannya.

“Pekerjaan kita adalah pekerjaan mulia, jangan patah semangat, mari terus bergandeng tangan untuk menyembuhkan lebih banyak pasien COVID-19. Tetap optimis bahwa kita bisa melalui cobaan ini,” sambungnya.

Sumule mengaku, dari total 52 tenaga medis yang terpapar virus corona, sejumlah tenaga medis dinyatakan sembuh.

“Dari 52 ini sudah ada yang sembuh, namun angkanya saya tidak hafal. Tapi yang pasti ada di . Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke, Jayawijaya dan Mimika,” tutupnya