Kapolda Pimpin Serah Terima Jabatan Tiga Pejabat Utama Polda Papua

Foto bersama usai Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw (keempat dari kiri) memimpin upacara serah terima jabatan pejabat utama/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Serah terima jabatan Dir Lantas, Dir Binmas dan pengukuhan Kabid Keu Polda Papua, Jumat (29/5) sekitar  pukul 14.00 Wit bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw yang dihadiri oleh Para Pejabat Utama, Para Pamen, Pama, personil Polda Papua.

Upacara Serah Terima Jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1378/V/KEP./2020 dan ST/1381/V/KEP./2020 tanggal 1 Mei 2020. Tiga Pejabat Utama Polda Papua yakni Kombes Pol Drs. Juhana Zulfan, M.M, Kombes Pol Drs. Supriyadi, dan Kombes Pol Mohamad Nasihin, S.H yang mendapatkan promosi jabatan.

Kombes Pol Drs. Juhana Zulfan, M.M, yang menjabat sebagai Kabid Keu Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabid Keu Polda Kalteng, dan akan digantikan oleh AKBP Drs. Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda NTB.

Kombes Pol Drs. Supriyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Lantas Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsel Korlantas Polri (dalam rangka pendidikan Lemhanas PPRA LXI T.A 2020) dan akan digantikan oleh Kombes Pol Mohamad Nasihin, S.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Binmas Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas kasih dan karunianya, pada hari ini meskipun ditengah pandemi covid-19, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan dapat bersama-sama berkumpul di Aula Rastra Samara ini, untuk mengikuti upacara serah terima jabatan Dir Lantas dan Dir Binmas Polda Papua serta penyerahan jabatan Kabid Keu Polda Papua dalam suasana tertib dan khidmat.

“Kegiatan sertijab ini merupakan hal biasa, namun sangat penting di tubuh Kepolisian dengan tujuan regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para perwira untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam. Dan ini juga sebagai rangkaian kegiatan tour of duty dan tour of area. Disamping itu juga sebagai upaya penyegaran terhadap suasana managerial dan kepemimpinan yang penuh kreativitas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat,”ujar Kapolda.

Ungkapnya, perlunya  kinerja polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat meliputi pendidikan masyarakat, penegakan hukum, pengkajian masalah lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor serta patroli jalan raya yang didukung teknologi informasi dan komunikasi serta mewujudkan kamseltibcarlantas.

Selamat melaksanakan tugas yang baru, tetap tunjukkan loyalitas dan dedikasi saudara sebagaimana yang selama ini telah saudara berikan di kesatuan lama, upayakan agar lebih baik karena tantangan tugas kita akan semakin berat dan kompleks, serta semoga sukses selalu dalam karier di Kepolisian.

Kepada pejabat yang baru Kombes Pol Mohammad Nasihin, S.H. sebagai Dirlantas Polda Papua dan  Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, S.I.K. sebagai Dir Binmas Polda Papua.

“Saya ucapkan selamat bertugas, saya percaya bahwa dengan bekal pengetahuan dan pengalaman serta latar belakang pendidikan yang saudara miliki, akan mampu meningkatkan kiprah dan penampilan serta kinerja kesatuan masing-masing. Segera lakukan langkah-langkah konsolidasi, adaptasi dan antisipasi secara intensif serta kembangkan kepemimpinan yang kondusif kedalam organisasi maupun dalam menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah daerah, TNI, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Hal positif yang telah dirintis oleh pejabat lama hendaknya diteruskan dan bahkan ditingkatkan dimasa mendatang,”tandasnya.*