Update COVID-19 di Papua: Tambah 23 Kasus Baru, 18 Sembuh dan Satu Meninggal Dunia

: Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwnus Sumule/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumlah warga yang terjangkit virus corona atau COVID-19 di Bumi Cenderawasih kembali bertambah. Hari ini, Kamis 21 Mei tercatat ada penambahan 23 kasus baru sehingga total menjadi 538 kasus.

Tambahan 23 kasus baru ini berasal dari Kota Jayapura 11 kasus dan Kabupaten Mimika 12 kasus.

“Ada tambahan 23 kasus positif, dengan demikian maka jumlah kasus positif mencapai angka 538 kasus. Dengan rincian 394 dalam perawatan, 134 sembuh dan meningga sebanyak 10 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwnus Sumule kepada pers di Kota Jayapura, Kamis (21/5) malam.

Silwanus juga membeberkan, selain tambahan kasus positif, hari ini terdapat satu orang pasien positif COVID-19 dan dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dinyatakan meninggal dunia.

“Hari ini terdapat satu kasus kematian di Kabupaten Mimika, kami mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, kami percaya Tuhan akan memberikan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Silwanus, ada dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Dian Harapan yang meninggal dunia. namun belum dimasukan ke daftar karena belum menjalani test swab, sehingga belum diketahui apakah terpapar COVID-19 atau tidak

Meski terdapat kasus kematian, Silwanus mengaku cukup lega karena hari ini terdapat 18 pasien positif corona yang dinyatakan sembuh dan diijikan pulang dari rumah sakit.

“ Hari ini kita ada tambahan 18 pasien sembuh yang berasal dari Kota Jayapura 2 kasus, Kabupaten Jayapura 3 kasus, Jayawijaya 2 kasus dan Jayawijaya sebanyak 11 kasus,” bebernya.

Silwanus mengaku, dengan tambahan kasus yang terus meningkat setiap hari, membuat tenaga medis mulai kewalahan dalam menangani pasien COVID-19 di Kota Jayapura.

“ Rumah sakit mulai kewalahan dalam menerima pasien COVID-19 ini, untuk itu kami terus memberikan dorongan kepada petugas kesehatan untuk bekerja dengan profesional, tetap semangat melaksanakan tugas, kami percaya Tuhan akan memberikan kekuatan, tetap menjaga kekompakan agar seluruh pasien mendapatkan penanganan sebaik mungkin,” imbuhnya.

Adapun rincian penyebaran virus corona di provinsi Papua diantaranya, Kota Jayapura 215 kasus, Mimika 165 kasus, Kabupaten Jayapura 64 kasus, Biak Numfor 23 kasus, Nabire 18 kasus, Keerom 16 kasus, Merauke 14 kasus, Boven Digoel 8 kasus, Jayawijaya 7 kasus, Sarmi 4 kasus, Mamberamo Tengah 2 kasus dan Supiori 2 kasus.**