Kapal Terbakar di Mamberamo

Kapal KLM Arham Putra 01 terbakar di Pelabuhan Burmeso, Kabupaten Mamberamo, Kamis (21/5) terbakar/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Kapal KLM Arham Putra 01 milik Bapak Jamaluddin yang mengangkut bahan bakar minyak di Pelabuhan Burmeso, Kabupaten Mamberamo, Kamis (21/5) terbakar.

Dari kronologis terungkap, sekitar pukul 11.00 WIT saat kapten kapal dan ABK sedang melayani penjualan, kapten kapal melihat api yang dihasilkan dari salah satu kamar ABK di bagian belakang. Setelah berhasil memadamkan api, maka kapal yang penuh bahan bakar tidak bisa di atasi. 

Selanjutnya Kapten dan ABK kapal menyelamatkan diri dari kapal. Api semakin membesar dan merambat ke tempat penampungan bahan bakar minyak baik minyak tanah, solar dan premium yang disimpan di dalam drum.

Mendapat informasi tentang kebakaran, anggota Polres Mamberamo Raya akan segera hadir TKP dan bersama masyarakat meminta memadamkan api menggunakan mesin alkon. "Namun api sulit dipadamkan bersama-sama menyiramkan udara ke rumah-rumah yang terkait dengan guna guna merambatnya api ke rumah warga," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kamis (21/5) malam.

Lanjutkan, sekitar pukul 13.50 WIT seluruh badan kapal terbakar habis, namun api masih menyala dari bagian palka kapal yang berisikan bahan bakar minyak.

“Tindakan kepolisian mendatangi TKP, membantu memadamkan api, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Polres Mamberamo Raya, ”katanya.

Dikatakan, kejadian tersebut tidak ada korban jiwa masih dalam pendataan personil di lapangan. Untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan. *