Sehari Bertambah 74 Kasus Baru, Total 436 Kasus di Papua

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumlah warga yang terpapar virus corona atau COVID-19 di Provinsi Papua mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hari ini tercatat tambahan 74 kasus sehingga total kasus di Papua menjadi 436 kasus.

“Hari ini terdapat tambahan kasus positif sebanyak 74 kasus, dengan demikian maka total COVID-19 di Papua menjadi 436 kasus. Dari jumlah itu, ada 323 orang dalam perawatan medis, 106 orang sembuh dan 7 orang meninggal dunia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule di Kota Jayapura, Minggu (17/5) malam.

Tambahan 74 kasus baru ini berasal dari 4 daerah, yakni Kota Jayapura 36 kasus, Kabupaten Mimika 32 kasus, Boven Digoel 5 kasus dan Merauke 1 kasus.

Silwanus menyebut, tambahan 74 kasus baru dalam sehari menunjukan bahwa masyarakat belum menjalankan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua.

“Tambahan kasus yang signifikan ini memberitahu kepada kita bahwa protokol kesehatan belum dilakukan oleh seluruh warga kita di Provinsi Papua. warga belum sepenuhnya menerapkan social distancing, physical distancing dan protokol kesehatan lainnya,” akunya.

“Kami tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat di Papua, mari kita ikuti protokol kesehatan yang diterapkan karena sampai saat ini belum ada obat untuk virus ini. Satu-satunya cara adalah mengikuti protokol kesehatan,” sambungnya.

Selain itu, jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh pada hari ini juga bertambah sebanyak 17 orang, sehingga total yang sembuh di Papua menjadi 106 orang.

“Hari ini ada 17 orang pasien positf COVID-19 yang dinyatakan sembuh. Semua berasal dari Kabupaten Mimika. Kami menyampaikan dukungan moral kepada petugas kesehatan yang menangani pasien COVID-19 hingga sembuh, semoga kedepan ada banyak lagi yang dinyatakan sembuh,” imbuhnya.

Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan dan Orang Dalam Pemantauan juga bertambah. Dimana PDP sebanyak 486 orang dan ODP sebanyak 2.886 orang di seluruh Papua.

“Hari ini ada penambahan PDP 7 orang yakni di Kabupaten Mimika 2 orang dan Kota Jayapura 5 orang. Sementara ODP bertambah 71 orang, yakni Kabupaten Jayapura 14 orang, Nabire 4 orang, Boven Digoel 5 orang, Waropen 19 orang, Mamberamo Raya 12 orang dan Kota Jayapura 17 orang,” bebernya.

Sedangkan rincian penyebaran virus corona atau COVID-19 di Papua yakni, Mimika 150 kasus, Kota Jayapura 136 kasus, Kabupaten Jayapura 56 kasus, Biak Numfor 23 kasus, Nabire 18 kasus, Keerom 16 kasus, Merauke 14 kasus, Boven Digoel 8 kasus, Jayawijaya 7 kasus, Sarmi 4 kasus, Mamberamo Tengah 2 kasus dan Supiori 2 kasus.**