Satu Pasien Covid-19 di Manokwari Dipulangkan Setelah Dinyatakan Sembuh

Pasien Covid-19 asal kabupaten Manokwari yang terkonfirmasi sembuh dari Covid-19, sehingga dipulangkan secara protokol kesehatan, Senin (11/5)/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com-Satu dari 5 orang Pasien positif Covid-19 Provinsi Papua Barat pertama yang terkonfirmasi sembuh dari penderita Covid-19 atas nama Adam, akhirnya dipulangkan secara protokol kesehatan.

Pemulangan Adam kepada keluarga sesuai protokol pemerintah daerah di Rumah Sakit karantina (RS) Provinsi Papua Barat, Senin (11/5) sekitar pukul 10.30 WIT.

Sebelum dipulangkan, pasien negatif Covid-19 asal kabupaten Manokwari ini dipimpin oleh Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo dihadiri dan disaksikan oleh Sekda Manokwari, Wakapolres, Dandim, unsur Muspida kabupaten dan Provinsi Papua Barat serta seluruh tim medis.

"Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan secara protokol kesehatan selama 24 hari menjalani perawatan isolasi di RS karantina Provinsi Papua Barat. Patut kita berterima kasih kepada semua pihak yang sudah melaksanakan tugas pelayanan kesehatan dengan baik, sehingga pasien Covid-19 ini dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan kepada keluarganya,"ungkap Edi Budoyo, Senin (11/5).

Kesempatan ini, Edi sarankan dan imbau kepada masyarakat agar sadarkan diri untuk melaporkan kepada petugas kesehatan, posko satgas Covid-19 terdekat, sehingga ketika terpapar virus Corona, maka langsung ditangani.

Lebih lanjut, Edi mengatakan bahwa protokol kesehatan telah dilalui oleh pasien terpapar ini, namun karena melalui kerja keras tim medis sehingga pasien boleh sembuh.

Menurut Edi Budoyo bahwa untuk bisa sembuh dari Covid-19 ini harus ada kejujuran dari dalam hati setiap pasien yang terpapar, sehingga terlayani sesuai protokol kesehatan.

Tujuannya agar pasien terbebas dari virus corona dan keluarga pasien, masyarakat sekitar pun diselamatkan dari bahaya wabah virus corona ini. Selain pasien Adam, kata Edi, sesuai laporan kepala dinas kesehatan bahwa dimungkinan dua pasien lagi akan menyusul dipulangkan, sebab dari pemeriksaan swab dua kali dinyatakan negatif, sehingga segera dipulangkan kepada keluarga.

Terlihat pemulangan pasien Covid-19 ini disambut antusias dan dirayakan oleh medis, dokter, dan tim gustu dengan perayaan pelepasan balon gas ke udara sebagai tanda pasien dinyatakan sembuh dari wabah Covid-19.

Untuk diketahui bahwa pasien yang dinyatakan sembuh merupakan satu dari sekian nama pasien positif Covid-19 di Papua Barat yang dinyatakan sembuh berdasarkan protokol kesehatan medis Covid-19.

Sekda kabupaten Manokwari Aljabar Makatita mengatakan, tuan Adam (pasien negatif Covid-19) harus menjadi duta Covid-19, sehingga bagi pasien yang masih terpapar jangan berkecil hati, namun harus mengikuti protap Kesehatan sehingga bisa sembuh dan dipulangkan. Pengembalian Adam kepada keluarga berdasarkan surat keputusan dari tim gustu Covid-19.*