Khawatir Dengan Keselamatan Warganya, 47 WNA Dipulangkan dari Papua

Tampak sejumlah WNA mengantri untuk melakukan check in di Bandara Sentani/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Sebanyak 47 Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Provinsi Papua dipulangkan ke negara asalnya melalui Bandara Sentani, pada Kamis (23/4) pagi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jayapura, Gatut Setiawan, mengatakan, kepulangan 47 Warga Negara Asing itu merupakan permintaan dari masing-masing negara asal karena khawatir akan mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Papua yang terus meluas.

“ Semua ada 48 orang yang akan pulang, namun ada seorang missionaris asal Amerika yang memilih bertahan karena masih dalam pelayanan di Kabupaten Keerom. Jadi yang hari ini pulang ada 47 orang,” katanya saat ditemui di Bandara sentani, Kamis (23/4) pagi.

Warga Negara Asing yang pulang terdiri dari, 35 warga Amerika, 10 warga Korea Selatan, 2 warga Canada dan 1 warga Jepang.

Ia mengaku, 47 WNA ini pulang menggunakan pesawat yang dicarter oleh pemerintahnya karena akses pembatasan masuk maupun keluar di Papua.

“ Jadi pemerintah mereka sudah menyewa pesawat khsusus untuk menjemput mereka keluar dari Papua. Jadi benar-benar pemerintahnya yang bertanggungjawab atas pemulangan ini,” jelasnya.

Gatut menyebut, keberadaan mereka di Papua adalah untuk bekerja sebagai misionaris, mekanik dan juga pilot di beberapa maskapai penerbangan perintis di Papua.

“ Mereka ini banyak yang bekerja sebagai missionaris, mekanik dan pilot. Mereka ini diminta pulang oleh negaranya karena pertimbangan banyak anak-anak dan juga sebagian lanjut usia,” ujarnya.

Dari pantauan di Bandara Sentani, sebelum meninggalkan Papua 47 WNA tersebut menjalani rapid test di Bandara Sentani untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.**