HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Tim Investigasi Kodam Cenderawasih, Gelar Olah TKP Insiden Penembakan Pomako
Tim Investigasi Kodam Cenderawasih melakukan olah TKP insiden penembakan dihalaman Mapolsek KP3 Laut Pelabuhan Pomako, Mimika, Jumat (11/8)/Istimewa

Tim Investigasi Kodam Cenderawasih, Gelar Olah TKP Insiden Penembakan Pomako

MIMIKA,- Tim Investigasi Kodam XVII/Cenderawasih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kasus Penembakan warga di Pelabuhan Nusantara Pomako, Kabupaten Mimika, pada Jumat (11/8).
Tim yang dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, melakukan olah TKP di depan Mapolsek KP3 Laut, yang menjadi lokasi terjadinya bentrok antar nelayan yang berujung pada penembakan terhadap dua warga bernama Theo Cakakem dan Rudy. Theo tewas akibat terkena tembakan dibagian perut oleh pelaku yang diduga oknum anggota TNI berinisial Serka Y

“Untuk tindak lanjut perselisihan di pelabuhan Pomako, tim investigasi Kodam sudah melakukan olah TKP, dan juga investigasi baik terhadap tempat kejadian, maupun para saksi yang berada di lokasi kejadian, termasuk mereka yang menjadi korban,” ungkap Asep kepada wartaplus.com, Sabtu (12/8).

Ia berharap dari hasil investigasi ini dapat diketahui peristiwa yang sebenarnya, yang nantinya dibutuhkan untuk melengkapi proses pemeriksaan terhadap anggota TNI yang diduga melakukan penembakan terhadap korban

“Karena kan selama ini beredar, ada anggota kita terduga mengeluarkan tembakan. Nah, dari hasil investigasi inilah dibutuhkan untuk penyidikan. Seperti diketahui, pada saat itu anggota sedang berusaha melerai keributan antar warga. Bahkan sudah ada anggota yang menjadi korban luka. Karena situasi sangat terdesak, akhirnya suara tembakan. Memang untuk hasil pemeriksaan sementara diketahui berasal dari senjata organik kita,” bebernya.

Terkait situasi pasca bentrok nelayan yang terjadi, Rabu (9/8) lalu, Asep menegaskan secara umum baik di lokasi kejadian maupun aktivitas warga semuanya telah berangsur normal. Jika sebelumnya warga ketakutan dan memilih untuk mengungsi ke Mapolsek, menurut Asep saat ini mereka sudah kembali ke rumah masing masing.
Asep juga membantah kabar terjadinya penjarahan terhadap rumah rumah warga yang ditinggalkan pemiliknya untuk mengungsi. “Tidak benar itu, tak ada penjarahan. Kalau kita lihat pengrusakan warga hanya terjadi di Mapolsek setempat,” bantahnya.

Untuk investigasi ini, lanjut Asep melibatkan beberapa satuan terkait di Kodam Cenderawasih seperti Pomdam juga Intelijen. Pihaknya juga bekerjasama dengan Kepolisian dalam hal ini Polsek KP3 Laut. “Tentunya investigasi ini dilakukan secara transparan hingga sampai ke persidangan nantinya,” katanya.

Berikan Bantuan

Selain melakukan olah TKP, di hari yang sama Danrem Asep dan tim juga menyambangi rumah keluarga korban yang tewas dan memberikan bantuan berupa satu ekor babi dan bahan makanan lainnya.
“Kebetulan dirumah keluarga korban ini akan dilaksanakan ibadah tiga malam atas kepergian korban. Tentunya kita berempati dan memberikan sedikit bantuan untuk perayaan ibadah tersebut,” akunya.

Asep menambahkan, dari peristiwa bentrok ini satu orang korban dari pihak TNI atas nama Kopral Andy mengalami luka cukup parah sehingga segera dilakukan evakuasi ke rumah sakit Surabaya untuk penanganan medis lebih lanjut. Sedangkan terkait bentrok kedua kelompok nelayan yang bertikai, katanya, itu merupakan kewenangan pihak Kepolisian untuk proses hukumnya.

“Pada dasarnya situasi sudah kondusif, masyarakat sudah bisa saling memahami. Sebab kami tidak ingin juga ada investigasi berlebihan yang membuat suasana gaduh di masyarakat. Jangan sampai masyarakat tertekan,”tutupnya.[Riri]

Check Also

Ban Mobil Wajib Ganti Tiap 5 Tahun Sekali, Benarkah?

WARTAPLUS – Ban merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan. Selain membuat gerakan mobil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *