HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » NEWSPLUS » Rumah DP 1% Jokowi di Kaltim Sudah Terjual 2.000 Orang

Rumah DP 1% Jokowi di Kaltim Sudah Terjual 2.000 Orang

WARTAPLUS – Kamis lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan perumahan murah dengan uang muka atau down payment (DP) 1% untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kalimantan Timur.

Perumahan bernama Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Rumah yang dijual seharga Rp 128-135 juta ini sudah dipesan ribuan orang.

“Di Pesona Bukit Batuah, ada 500 unit rumah yang telah dibangun, tapi yang antre sudah banyak. Yang pesan sudah 2.000 orang,” kata Jokowi dikutip dari laman Facebook resminya, Minggu (16/7/2017).

Dia menjelaskan, karena banyaknya pesanan. Perumahan ini akan dikembangkan dan akan terus ditambah hingga 4.000 unit. Untuk memiliki rumah murah ini, calon pembeli bisa menggunakan skema kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi.

Jokowi menjelaskan dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang bebas pajak pertambahan nilai (PPN), suku bunga tetap 5% dan dapat dicicil sampai 20 tahun, maka angsuran kredit di Perumahan Pesona Bukit Batuah hanya sebesar Rp780 ribu per bulan. Rumah murah ini bebas dari pajak pertambahan nilai (PPN), suku bunga tetap 5% dan bisa dicicil sampai 20 tahun. “Maka angsuran kredit di Perumahan Pesona Bukit Batuah hanya Rp 780.000 setiap bulannya,” imbuh dia.

Dalam proyek pengadaan rumah murah ini, pemerintah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai Bank BUMN yang khusus bergerak di bidang kredit kepemilikan rumah. Untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah yang diusung Pemerintah sejak bulan April 2015, hingga Juni 2017, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk sekitar 1,44 juta unit dengan nilai total Rp156 triliun.

[detik]

Check Also

OSO Kantongi SK Menkumham, Wiranto: Tidak Ada Munaslub

Wartaplus. Konflik internal yang melanda Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) bakal reda. Pasalnya, tidak ada agenda ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *