Dokter Rosalin Rumaseb Sosialisasi Hidup Sehat kepada PW GKI Klasis Manokwari

Dr Irene Rosalin Rumaseb saat sosialisasi hidup sehat kepada peserta PW GKI Klasis Manokwari, Sabtu (18/8)/Albert

MANOKWARI,- Dr. Irene Rosalin Rumaseb melakukan sosialisasi hidup sehat, termasuk jenis penyakit dan cara-cara menghindari penyakit kepada PW GKI Klasis Manokwari yang berlangsung di gedung serba guna GKI Sion Sanggeng Manokwari, Provinsi Papua Barat, Sabtu (18/8).

Acara sosialisai itu dilaksanakan pada momen HUT RI ke-73 dengan slogan 'We Serve Hand In Hand' penggagas LCJS Centennial Cenderawasih bersama PW GKI Klasis Manokwari, termasuk aksi donor darah.

Sebelum kegiatan donor darah berlangsung, dr. Rosalin sosialisasi tentang berbagai jenis penyakit kepada peserta yang rata-rata adalah kaum wanita.

Pada kesempatan itu, peserta sosialiasi menanyakan kendala dan jenis penyakit kesehatan langsung kepada pemateri dr. Rosalin, namun dokter menyarankan kepada penderita penyakit agar langsung datangi ke pihak medis agar tertolong secara medis.

Sementara untuk pengobatan alamiah dari nondokter atau dukun, saran dokter agar jangan sampai membawa penyakit yang diderita bukan kepada orang medis.

Peserta dalam kesempatan itu juga menanyakan tentang penyakit menular seperti HIV/ AIDS. Bahkan salah satu peserta dari PW GKI Manggoapi apresiasi kegiatan yang dilaksanakan dokter bersama tim, sebab ilmu kesehatan ini sangat penting bagi kehidupan para ibu-ibu dari perwakilan PW GKI Klasis Manokwari.

Dokter menegaskan bahwa sakit penyakit tidak mengenal usia, sebab penyakit bisa menyerang usia mana saja, apakah bayi, anak, dewasa atau lansia. Oleh sebab itu, dokter menyarankan agar jangan anggap remeh setiap penyakit, namun cepat diatasi ke pihak medis.

Pada kesempatan itu dokter juga mengatakan bahwa HIV/AIDS tertular melalui hubungan seksual, jarum suntik dan Air Susu Ibu (ASI)  bagi ibu yang menyusui. HIV/AIDS tidak tertular melalui ciuman atau jabat tangan. *