Ekonomi

Potensi Mineral, Batubara dan Migas Yang Ada di Perut Bumi Tanah Papua Sangat Besar

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Sukmandaru Prihatmoko D/CNN Indonesia
Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Sukmandaru Prihatmoko D/CNN Indonesia

JAYAPURA,-Dari hasil pemetaan yang ada, potensi mineral, batubara dan migas yang ada di perut bumi tanah Papua sangat besar. Ini dikatakan  Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Sukmandaru Prihatmoko D saat menjadi  pembicara Seminar Pengembangan Investasi bagi Pembangunan Papua: Peluang dan Tantangan Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam bagi Kesejahteraan Masyarakat Papua pada Rabu, 22 November lalu, yang diselenggarakan Universitas Cenderawasih. Hanya saja, kata dia,  potensi itu belum dikuantifikasi sehingga belum diketahui secara pasti kekayaaan alam yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menurutnya, eksplorasi yang dilakukan belum dilakukan secara sistematis. Pada potensi minyak dan gas, sejumlah wilayah telah dimulai pengelolaannya namun masih banyak kawasan lain yang perlu dikembangkan lebih lanjut. Potensi Geowisata melalui pengelolaan tempat wisata yang berkaitan dengan bidang geologi menghadirkan kesempatan bisnis tersendiri.

“Dengan memasukkan unsur ilmiah atas bidang geologi pada tempat wisata, terdapat nilai tambah yang dapat menjadi potensi penerimaan tersendiri bagi pemerintah daerah. Di wilayah Papua, potensi Danau Sentani dan Lembah Baliem dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai kawasan Geowisata. Hal ini patut didukung dengan semakin menguatnya sektor industri pariwisata dalam perekonomian di Indonesia,” tutur Sukmandaru.

Menurutnya, di samping perlunya eksplorasi atas sejumlah potensi SDA, pihak regulator perlu menyusun road map yang memuat rencana dan langkah-langkah pengelolaan yang jelas dalam menjawab tantangan jangka pendek, menengah, dan panjang. [Roberth]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

*

*

advertisment
advertisment
advertisment