HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » HAI PAPUA » Pemprov Papua Menyayangkan Insiden Penembakan Warga Sipil di Deiyai
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal (kanan).

Pemprov Papua Menyayangkan Insiden Penembakan Warga Sipil di Deiyai

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua menyayangkan insiden penembakan oleh aparat Kepolisian terhadap warga sipil, saat terjadi bentrok di area Camp PT. Putra Dewa Paniai yang tengah mengerjakan proyek jembatan Oneibo di kampung Bomou, Distrik Tigi, kabupaten Deiyai-Papua, Selasa (1/7) lalu. Dalam insiden ini, seorang warga, Yulianus Pigay akhirnya meninggal dunia, sementara 8 warga lainnya terluka, bahkan dua diantaranya terpaksa dirujuk ke Jayapura untuk penanganan medis lebih lanjut. Sementara dari pihak Kepolisian, setidaknya ada 11 anggota yang terluka.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal kepada pers usai menjenguk korban di RSUD Dok II Jayapura, Jumat (4/8) siang mengatakan, tentunya siapapun tidak menginginkan situasi ini terjadi. Apalagi, insiden penembakan seperti ini sudah sering kali terjadi dan menimbulkan jatuhnya korban dari warga sipil.

“Kita sangat menyayangkan situasi ini, namun karena sudah terjadi ya kita harus terima dan kemudian bagaimana caranya menyelesaikan. Tapi bukan hanya menyelesaikan tapi bagaimana kejadian ini tidak terulang lagi. Karena kondisi ini sudah berulang kali terjadi,” ujar Wagub Klemen.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan menggelar pertemuan bersama aparat keamanan  (Kepolisian dan TNI-red),  dan juga para tokoh adat, masyarakat, agama untuk mencari solusi dalam persoalan ini.

“Jika memungkinkan kita akan turun ke Deiyai bertemu dengan pemangku kepentingan disana, para tokoh juga para korban dan keluarganya untuk selesaikan persoalan ini. Dalam arti kalau bisa untuk selamanya jangan lagi ada kejadian seperti ini,” harapnya.

Di kesempatan itu, Wagub Klemen juga menyampaikan turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam insiden ini.

“Pemerintah menyampaikan turut berduka cita kepada korban yang meninggal dunia. Kita turut prihatin dan mendoakan semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan,”ucapnya.

Ia juga berharap Kepolisian dapat bertindak tegas dan transparan dalam menangani kasus ini. Jika ada anggotanya yang terbukti bersalah, maka harus diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.[Riri]

Check Also

Ketua MK Kena 2 Kartu Kuning, Kalau Main Sepakbola Langsung Kartu Merah

Wartaplus. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat kembali kena semprit Dewan Etik MK. Ini kali kedua ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *