HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura Sepakat Kelola Bersama TPI Hamadi
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote

Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura Sepakat Kelola Bersama TPI Hamadi

JAYAPURA,- Setelah sempat saling klaim soal pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi, akhirnya Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura sepakat untuk mengelola bersama.

“Kita sudah lakukan pertemuan dengan Walikota Jayapura, dan kita sepakat bahwa TPI Hamadi adalah aset Pemprov Papua, sedangkan untuk pemanfaatannya dan pengelolaanya juga menjadi tanggung jawab Provinsi,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote kepada pers di Jayapura, Kamis (27/7).

Meski Provinsi bertanggung jawab dalam hal pengolaannya, namun diakui Mote pihaknya telah mengusulkan untuk bekerjasama dengan Pemkot Jayapura. Mengingat para nelayan berada di wilayah Kota dan juga Kabupaten Jayapura, dan usulan ini sudah disepakati bersama.

“Sehingga kita perlu bekerjasama dalam penanganan nelayan termasuk bagaimana pendaratan nelayan juga tangkapannya yang kemudian dijual di TPI Hamadi,” katanya. Terkait hal ini, lanjut Mote, pihaknya akan kembali melakukan pertemuan dengan Pemkot Jayapura.

“Nanti kita akan rapat lagi kemungkinan memutuskan beberapa hal diantaranya apakah ada kemungkinan kerjsaama untuk pengelolaan aset, meski aset sudah disepakati milik Provinsi,” sebutnya.

Namun didalam pengelolaanya, bisa bekerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk kerjasama dengan pihak ketiga dalam bentuk hibah atau dengan lembaga swasta lainnya.

“Kerja sama dengan kabupaten kota bisa dilakukan, terkait pengelolaan jadi mana yang kewenangan kota juga provinsi. Rencana kerjasama ini nanti kita akan sepakati dalam pertemuan berikutnya,”tutupnya.[Riri]

Check Also

Gubernur Papua Barat: Jangan Rendahkan Harga Diri Orang Asli Papua dengan Miras

MANOKWARI,- Toko yang masih menjual minuman keras di Provinsi Papua Barat, khususnya Kabupaten Manokwari agar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *