HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Papua Berharap Terpilih Jadi Wakil Indonesia ke ASC XII
Staf Ahli Gubernur Papua, Simeon Itlay didampingi Direktur Standarisasi Kompetensi Ditjen Binalattas Kemenaker RI Subandy menabuh Tifa, ketika membuka Seleksi Daerah Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) XII Tahun 2017 di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Papua, Jayapura, Selasa (1/8)/Riri

Papua Berharap Terpilih Jadi Wakil Indonesia ke ASC XII

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua berharap terpilih mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Skills Competition (ASC) XII Tahun 2017.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli, Simeon Itlay saat membuka Seleksi Daerah Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) XII Tahun 2017, di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Jayapura, Selasa (1/8).

Dalam acara ini Simeon Itlay didampingi Direktur Standarisasi Kompetensi Ditjen Binalattas Kemenaker RI, Subandy dan Ketua Panitia, Djoni Naa.

Dikatakan, dalam ajang ketrampilan tingkat negara ASEAN ini, dari 11 kali penyelenggaraan Indonesia telah dua kali meraih prestasi terbaik sebagai juara umum. Sedangkan Papua sudah tiga kali mengikuti Seleksi Daerah (Selekda) namun belum mendapatkan prestasi.
“Kita harap melalui Selekda ASC XII ini kompetitor dari Papua ada peningkatan sehingga kompetisi ASC yang akan datang Papua bisa terpilih menjadi wakil Indonesia ke ASC XII,” harapnya.

Untuk menuju ke arah tersebut, peranan seluruh stakeholder terkait sangat dibutuhkan dalam menanamkan nilai-nilai kompetensi untuk berkompetisi.

“Dengan adanya Selekda ASC ini bukan hanya sebagai salah-satu upaya untuk mendapatkan calon-calon kompetitor, tapi juga sekaligus menjadi evaluasi bagi lembaga pendidikan dan pelatihan apakah kurikulum yang berbasis kompetensi dan fasilitas yang telah digunakan sudah sesuai dengan standar yang berlaku,” katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak Pemprov Papua sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat melalui Ditjen Bina Lattas Kemenaker RI, untuk tetap menyelenggarakan kompetisi ASC atau kompetisi lainnya yang berkaitan dengan kompetensi kerja, dan kepada peserta calon kompetitor supaya benar-benar mengikuti seleksi sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Sementara itu, Subandy menyebutkan, untuk pelaksanaan Selekda pihaknya mendapat bantuan dan dukungan dana dari Pemprov Papua, sebab dana yang disiapkan di APBN sangat terbatas.

Pelaksanan Selekda selama 1-3 Agustus 2017. Jenis Kejuruan yang dikompetisikan sebanyak 5 Kejuruan yang terdiri dari Welding, Fashion Technology, It Software Solution for Bussiness, Web Design Technology dan Restaurant Service.

Tempat penyelenggaraan Selekda. Untuk Kejuruan Welding bertempat di UPTD BLKI Provinsi Papua di Base-G. Sedangkan, untuk Kejuruan Fashion Technology, It Software Solution for Bussiness, Web Design Technology dan Restaurant Service di SMKN 1 Jayapura di Dok V Atas. Adapun Tim Juri dari Kemenaker RI dan Tim Juri dari Pusat dan Daerah. [Riri]

Check Also

Bupati Jayapura Minta CPA Hirosi Beri Motivasi dan Inspirasi Menjaga Cagar Alam Cycloop

SENTANI,– Club Pencinta Alam Hirosi Papua merayakan HUT ke-17 tahun yang jatuh pada tanggal 15 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *