HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » ‘Pajak Bertutur’, Kampanye Edukasi Kesadaran Pajak di Dunia Pendidikan
Kakanwil DJP Papua dan Maluku, Wansepta Nirwanda (Kiri) Saat Memberikan Cinderamata Bagi Dekan Fakultas Ekonomi Uncen, DR. J. Ronsumbre, M.Si (Kanan)/Djarwo

‘Pajak Bertutur’, Kampanye Edukasi Kesadaran Pajak di Dunia Pendidikan

JAYAPURA,- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui Kanwil DJP Papua dan Maluku menggelar sosialisasi pajak kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Cenderawasih Jayapura, Jumat (11/8), yang bertemakan ‘Pajak Bertutur’.

Pajak bertutur merupakan salah satu program sosialisasi pajak yang dilaksanakan serentak secara nasional yang digelar oleh DJP sebagai wujud bakti pegawai DJP kepada dunia pendidikan.

“Ini dalam rangka mengkampanyekan program edukasi kesadaran pajak dalam sistem pendidikan untuk mewujudkan generasi emas Indonesia yang memahami tentang pajak sebagai pilar utama pembangunan bangsa,” ujar Kakanwil DJP Papua dan Maluku Wansepta Nirwanda.

Dijelaskannya, yang melatar belakangi acara sosialisasi ‘Pajak Bertutur’ ini dilihat dari aspek perpajakan dan aspek eksternal. Untuk aspek perpajakan adalah semakin vitalnya kontribusi pajak bagi APBN (lebih dari 75 persen) namun tingkat kepatuhan kewajiban perpajakan dari wajib pajak yang masih rendah, sedangkan latar belakang dari aspek eksternalnya adalah pemanfaatan bonus demografi di tahun 2010-2045, dimana usia produktif merupakan potensi pajak yang besar.

“Instansi lain sudah melirik dunia pendidikan (seperti KPK, OJK dan BNN) dan cukup efektif dalam kegiatan sosialisasi dan menginklusi program-programnya ke masyarakat, besarnya jumlah peserta didik dan tenaga pengajarnya merupakan potensi yang layak diperhitungkan dan perlu dilakukan penanaman karakter cinta tanah air dan bela negara yang berkelanjutan,” terangnya.

Pajak bertutur memiliki visi dan misi yang diemban, adapun visinya adalah ingin mewujudkan generasi bangsa yang mempunyai karakter cinta tanah air dan bela negara serta menjadikan kesadaran pajak sebagai salah satu nilai budaya bangsa yang terus ditanamkan dari generasi ke generasi.

Sedangkan misi yang diamanatkan adalah ingin mewujudkan nilai-nilai kesadaran pajak sebagai salah satu nilai budaya bangsa, mengintegrasikan nilai kesadaran pajak dalam sistem pendidikan nasional, memberi nilai tambah bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

“Termasuk menyediakan literasi kesadaran pajak bagi masyarakat dan pemangku kepentingan pendidikan, meningkatkan kesadaran perpajakan peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan serta bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Uncen DR. J. Ronsumbre, MSi menanggapi kegiatan tersebut memiliki penguatan pendidikan karakter, sehingga mewujudkan implementasi nawacita karakter bangsa seperti yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi untuk mewujudkan generasi emas nantinya.

“Jika negara melindungi warganya begitu sebaliknya, karena pajak sebagai sumber pendapatan negara. Membayar pajak juga mengambil nilai nasionalis dan mandiri, mengurangi hutang di luar negeri mengandung nilai integritas dan mengandung gotong royong,” ujar Dekan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran wajib pajak sejak dini bagi mahasiswa karena mahasiswa adalah penyambung tata dan juga dalam keluarga dan masyarakat dan disisi lain di perguruan tinggi juga dapat meningkatkan karakter mahasiswa dalam gerakan revolusi mental. [Djarwo]

Check Also

Tanggulangi KLB Campak, Pertamina Kirim Bantuan ke Kabupaten Asmat

JAYAPURA,- General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku Papua, Tengku Fernanda menyerahkan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *