HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Ekonomi » NTP Provinsi Papua Juga Alami Penurunan di Bulan Juli 2017
Ilustrasi Petani/google

NTP Provinsi Papua Juga Alami Penurunan di Bulan Juli 2017

JAYAPURA,- Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Papua mengalami penurunan dibulan Juli 2017 sebesar -0,64 persen dengan indeks NTP 94,43 dibandingkan indeks bulan sebelumnya sebesar 95,04.

Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Bambang Wahyu Ponco Aji, Selasa (1/8) mengatakan, penurunan indeks NTP disebabkan oleh perubahan indeks harga yang diterima petani sebesar 0,64 persen, lebih kecil dari perubahan indeks harga yang dibayarkan petani yang tidak mengalami perubahan angka indeks.

“Secara umum, penurunan indeks NTP terjadi pada tiga subsektor yaitu holtikultura, peternakan dan perikanan. Sedangkan subsektor tanaman pangan dan tanaman perkebunan rakyat merupakan subsektor yang mengalami kenaikan indeks,” ujarnya.

Bambang menjelaskan, NTP Provinsi Papua pada Juli 2017 menurut subsektor tercatat ada 4 subsektor yang memiliki nilai NTP dibawah 100, yaitu tanaman pangan sebesar 86,22, holtikultura 98,12, peternakan 99,04 dan perikanan dengan 98,07.

“Tanaman perkebunan rakyat menjadi subsektor yang memiliki nilai NTP diatas 100 yakni 101,20,” terangnya.

Ditambahkannya, dari 33 Provinsi yang dihitung NTP nya, tercatat 10 Provinsi diantaranya yang mengalami kenaikan NTP dan 23 Provinsi lainnya mengalami penurunan NTP. [Djarwo]

Check Also

70 Atlet Ikut Lomba Body Contes dan Binaraga Piala Bupati Jayapura Cup I

SENTANI,– Sedikitnya 70 atlet binaraga dari 7 Kabupaten dan 1 kota di Papua mengikuti lomba ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *