HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » NEWSPLUS » Mitos atau Fakta Jika Stetoskop Bisa Tularkan Penyakit?

Mitos atau Fakta Jika Stetoskop Bisa Tularkan Penyakit?

WARTAPLUS – Stetoskop menjadi alat penting di dunia kedokteran. Stetoskop adalah salah satu alat medis yang di gunakan para dokter dan profesi yang setara denganya untuk memeriksa detak jantung, pernapasan, intestine dan aliran darah pasien. Stetoskop merupakan alat yang tidak bisa di pisahkan dari profesi ahli medis. Bahkan bisa di bilang alat utama seorang dokter selain jarum suntik adalah stetoskop.

Namun, di balik kegunaannya, sejumlah peneliti dari Yale University di Amerika Serikat mengungkapkan jika mereka menemukan para penyedia layanan kesehatan jarang sekali melakukan proses pembersihan stetoskop di antara pemakaian pada pasien satu dengan lainnya. Padahal, mereka tahu proses ini penting untuk mencegah penyebaran infeksi.

Dilansir laman Times of India, para peneliti ini melakukan pilot project untuk meneliti peningkatan kualitas. Di situ mereka mengobservasi higienitas stetoskop, seperti kapas alkohol, gel alkohol, atau kain disinfektan pada awal rotasi empat minggu para mahasiswa kedokteran dan dokter di sebuah rumah sakit pengajaran akademis.

Hasilnya, tidak ada satu pun yang diobservasi terlihat melakukan pembersihan stetoskop.

Para peneliti mengatakan, patogen potensial yang berasal dari stetoskop meliputi include Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Clostridium difficile, danvancomycin-resistant enterococci.

Sementara itu, pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa stetoskop bisa menyebarkan bakteri resisten.

[VIVA]

Check Also

Babak Akhir Urusan Mahar, Nyalla Bersihkan Prabowo

Wartaplus. Untuk mengakhiri polemik yang semakin melebar soal mahar politik, La Nyalla Mattalitti memberikan klarifikasi kepada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *