HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Internasional » Kisah Dari Para Jemaah, Tak Hanya Kesasar Tapi Juga Bingung Melaksanakan Umrah

Kisah Dari Para Jemaah, Tak Hanya Kesasar Tapi Juga Bingung Melaksanakan Umrah

WARTAPLUS – Seiring terus bertambahnya jemaah haji yang tiba di Mekah, aktivitas jemaah di Masjidil Haram juga meningkat. Sejak malam pada kedatangan pertama, jemaah mulai melaksanakan umrah.

Dari pantauan tim Media Center Haji (MCH) di Masjidil Haram, tidak sedikit jemaah yang tersasar karena tidak ingat jalan keluar masjid yang sama saat dia masuk.

Kebanyakan adalah jemaah lanjut usia. Keadaan ini bahkan membuat petugas pelindung jemaah (linjam) yang jumlahnya terbatas mulai kewalahan. Padahal jumlah jemaah belum terlalu banyak.

Menurut Sekretaris Daker Mekah, Suratman, antisipasi petugas minim di Haram memang telah dikoordinasikan sejumlah pihak terkait. Saat ini sedang dipertimbangkan untuk mengerahkan 439 petugas di sektor untuk diperbantukan guna memperkuat petugas linjam di sektor khusus Masjidil Haram yang personelnya hanya 22 orang.

“Kami perbantukan, tapi bukan permanen. Akan bergantian untuk membantu di Haram. Kami sudah koordinasikan dengan linjam, dan targetnya dalam waktu dekat,” kata Suratma  di Daker Mekah, Senin, 7 Agustus 2017.

Suratman mengatakan seluruh kepala sektor telah diperintahkan memilih personelnya untuk diperbantukan di Masjidil Haram.

Tidak hanya jemaah tersasar, tidak sedikit juga jemaah yang masih kebingungan mengenai ibadah mereka di Masjidil Haram. Terutama prosesi umrah, dari mulai Tawaf sampai Sa’i. Setelah keluar Masjidil haram, masih saja ada jemaah yang lupa melaksanakan tahalul. Bahkan ada dari mereka yang telah sampai pemondokan juga belum melakukan tahalul.

“Kami akan optimalkan ketua kloter. Untuk berkoordinasi dengan ketua rombongan selama berada di Arab Saudi, tidak hanya di Haram, tetapi juga Arafah,” katanya.

[VIVA]

Check Also

Enggar Paparkan Alasan Impor Beras, Tiga Bulan Operasi Pasar Tetapi Harga Ogah Turun

Wartaplus. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartisto Lukita, buka-bukaan dibalik alasan pemerintah melakukan impor beras. Menurutnya, kebijakan itu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *