HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » HAI PAPUA » Ketua Fraksi Otsus PB: Keamanan Kunci Utama Dalam Satu Daerah

Ketua Fraksi Otsus PB: Keamanan Kunci Utama Dalam Satu Daerah

MANOKWARI,-Diperlukan kerjasama untuk membangun daerah Papua Barat, terutama bagaimana menciptakan situasi Papua Barat yang aman dan tentram. Keamanan menjadi kunci dalam satu daerah, maka diperlukan komitmen daerah dan aparat keamanan untuk menjaga Kamtibmas di daerah ini, pasalnya rakyat aman maka aktivitas berjalan lancar.

Hal ini dikemukakan Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat Yan Aton Yoteni kepada wartaplus.com, Selasa (25/7). Ia menjelaskan, penempatan kapolda Papua Barat merupakan kebijakan mutlak Kapolri.

Meski Yoteni selaku keterwakilan masyarakat adat di lembaga DPR mendukung jabatan kapolda Papua Barat, namun perlu dipahami bersama bahwa Papua dan Papua Barat adalah daerah khusus, maka jabatan tertentu yang ada di daerah ini harus dipertimbangkan sesuai UU 21 Tahun 2001 tentang otonomi khusus.

Dia berpendapat bahwa, kalau masih ada anak-anak Papua yang bisa diangkat menjadi kapolda Papua Barat, kenapa tidak dipertimbangkan. Terkecuali belum ada OAP yang pangkatnya belum terpenuhi di jajaran polri maka bisa mengangkat orang lain.

Ia pun menyinggung tentang jabatan Wakapolda Papua Barat Kombes Pol Petrus Waine. Dimana ia sudah menjabat dengan pangkat Kombes Pol dan telah pergantian 3 kali kapolda, namun pangkat Kombes Pol masih melekat padanya.

“Apakah tidak bisa dipromosikan sehingga pangkat Kombes Pol menjadi Brigjen Pol, agar bisa menjabat sebagai kapolda, entah di Papua atau Papua Barat,”kata Yoteni. Oleh karena itu, Papua harus di hargai sebagaimana di amanat dalam UU Otsus. [Alberth]

 

Check Also

Setiap OPD Provinsi Diminta Siapkan Data Untuk Penyusunan LKPJ AMJ Gubernur

JAYAPURA,- Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diminta untuk mulai menyiapkan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *