HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Ketahanan Pangan Kota Jayapura Fokuskan Pemanfaatan Pekarangan Rumah
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura Leonard Lahallo/Djarwo

Ketahanan Pangan Kota Jayapura Fokuskan Pemanfaatan Pekarangan Rumah

JAYAPURA,- Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura akan terus menggembleng masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah sebagai program kerja yang lebih difokuskan tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura Leonard Lahallo, Sabtu (12/8) mengatakan, dirinya baru saja menjabat sekitar 6 bulan namun masih melanjutkan program sebelumnya, dengan mengutamakan program penggalangan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan sayur-sayuran, seperti yang sudah digalakkan oleh Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Provinsi.

“Salah satu yang saya fokuskan bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya, karena saya melihat disana ada potensi yang sangat baik di segi ekonomi keluarga cukup membantu karena sayur ini cuma berumur 2 minggu sampai 3 minggu sudah bisa dipanen dan dinikmati dan otomatis Ibu-ibu tidak susah cari sayur lagi,” ungkapnya kepada wartawan.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi pemahaman terhadap tanaman kepada masyarakat, sehingga dapat mendorong kebersihan Kota Jayapura dan mempertahankan predikat Adipura.

“Harapan saya sumbangsih dari tanaman pangan dapat ikut mendukung kota untuk mencapai harapan yang sudah ada dan akan kita tingkatkan, sehingga program kedepan akan difokuskan untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang ada. Kami sudah memulainya di Waena kampung, dan itu adalah awal yang kita buat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mengembangkan tanaman pangan di pekarangan rumah, pihaknya juga akan menyiapkan pupuk berkualitas agar  tidak ada lagi yang menggunakan pupuk pestisida. Karena menurutnya, masyarakat wajib menikmati sayur-sayuran yang bebas dari pestisida dan baik untuk kesehatan.

“Semua jenis sayur kita siapkan, namun kita baru memulainya dengan sayuran sawi, kangkung dan bayam, dan nanti akan kita siapkan jenis sayur yang lainnya. Jika itu bisa berjalan dengan baik maka otomatis akan mencukupi kebutuhan rumah tangga itu sendiri,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini Dinas Ketahanan Pangan belum melayani ke seluruh masyarakat secara langsung, namun masih memberikan secara gratis kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok binaan. [Djarwo]

Check Also

Setiap OPD Provinsi Diminta Siapkan Data Untuk Penyusunan LKPJ AMJ Gubernur

JAYAPURA,- Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diminta untuk mulai menyiapkan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *