HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Ekonomi » Jokowi Utamakan Jepang Garap KA Jakarta-Surabaya

Jokowi Utamakan Jepang Garap KA Jakarta-Surabaya

 

Wartaplus. Presiden Jokowi menjanjikan mengutamakan Jepang untuk menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban. Hal ini tersebut disampaikan Jokowi saat  menerima kunjungan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka di Istana, Jakarta.

“Tadi Presiden sudah oke preferensinya Jepang,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan Presiden JICA.

Menurut Basuki, Presiden Jokowi ingin rencana pembangunan proyek tersebut bisa dipercepat. Makanya, dalam kesempatan itu, bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut juga  meminta kepada seluruh jajarannya untuk bekerja cepat.

Selain kedua proyek tersebut, Basuki mengungkapkan, Presiden menawarkan JICA untuk terlibat dalam pembangunan jalan Tol Trans Sumatera.

Pembicaraan lainnya, lanjut Basuki, Presiden meminta JICA membiayai  proyek irigasi, sanitasi, air bersih  dan pembangkit listrik.

Selain Basuki, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan  Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga  ikut menemani Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.  Sementara itu, Kitaoka ditemani Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, Director General JICA untuk Asia Pasifik Yasushi Tanaka, Kepala perwakilan Kantor JICA di Indonesia Naomi Ando, Wakil Sekretaris Utama Kantor Presiden JICA Tokyo Ego Azukizawa dan  Perwakilan Senior untuk Kantor Perwakilan JICA Indonesia Shingo Tatematsu.

Sri Mulyani menambahkan, Presiden menawarkan JICA proyek air bersih karena negeri matahari terbit tersebut  memiliki banyak keahlian di bidang teknologi pengelolaan air. Bahkan, Jepang juga memiliki beberapa pengalaman pembangunan daerah-daerah kecil karena  mereka juga negara kepulauan. RM

Check Also

Babak Akhir Urusan Mahar, Nyalla Bersihkan Prabowo

Wartaplus. Untuk mengakhiri polemik yang semakin melebar soal mahar politik, La Nyalla Mattalitti memberikan klarifikasi kepada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *