HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » Ekonomi » Jayapura dan Merauke Sama-sama Alami Deflasi di Bulan Juli 2017
Ilustrasi Grafik Deflasi/google

Jayapura dan Merauke Sama-sama Alami Deflasi di Bulan Juli 2017

JAYAPURA,- Dua Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Papua, Kota Jayapura dan Merauke tercatat mengalami perubahan angka indeks yang sama, yakni -1,13 persen dan 1,50 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Bambang Wahyu Ponco Aji dalam konferensi persnya, Selasa (1/8).

Diungkapkannya, deflasi yang terjadi di Kota Jayapura karena adanya penurunan harga barang dan jasa yang ditunjukkan oleh penurunan angka indeks kelompok pengeluaran, kelompok sandang sebesar -0,28 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar -7,62 persen.

“Faktor pendorong terjadinya deflasi di Kota Jayapura karena penurunan harga yang cukup signifikan pada komoditi angkutan udara, bawang putih, telur ayam ras, bawang merah, gula pasir, daging sapi, baju muslim, bunga pepaya, wortel dan talas,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk penyebab deflasi di Merauke karena adanya penurunan harga barang dan jasa yang ditunjukkan oleh penurunan angka indeks pada kelompok pengeluaran, kelompok bahan makanan -1,72 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar -0,01 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan lainnya sebesar -8,20 persen.

“Penurunan harga juga secara signifikan terjadi di beberapa komoditi di Merauke seperti angkutan udara, bawang putih, kol, bayam, cabai merah, daun singkong, kembang kol, daun kemangi, buncis dan kelapa,” terangnya.

Kota Jayapura menempati urutan ke-81 ditingkat Nasional dan urutan ke-17 ditingkat Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua). Sedangkan Merauke menempati urutan ke-82 ditingkat Nasional dan ditingkat Sulampua berada di urutan ke-18. [Djarwo]

Check Also

70 Atlet Ikut Lomba Body Contes dan Binaraga Piala Bupati Jayapura Cup I

SENTANI,– Sedikitnya 70 atlet binaraga dari 7 Kabupaten dan 1 kota di Papua mengikuti lomba ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *