HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » HAI PAPUA » Hasil Survei Bps Jumlah Penduduk Miskin Papua Barat Meningkat
Peta Papua Barat/Istimewa

Hasil Survei Bps Jumlah Penduduk Miskin Papua Barat Meningkat

MANOKWARI,- September 2016 hingga Maret 2017 jumlah jiwa penduduk Papua Barat miskin meningkat. Hal ini disampaikan Pelaksana Harian Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat, Bona Ventura Hard saat menyampaikan rilis hasil survey BPS Papua Barat, Senin (17/7).

Berdasarkan catatan BPS bahwa, September 2016 lalu jumlah penduduk miskin di Papua Barat sebanyak 223,60 ribu jiwa atau 24,88 persen dari total jumlah penduduk di daerah ini. Sementara Maret 2017 meningkat menjadi 228,38 jiwa ribu atau 25,10 persen.

Menurut Bona, jumlah prosentase penduduk miskin Papua Barat meningkat 0,22 persen. “kenaikan angka kemiskinan ini terjadi di perkotaan dan pedesaan di Papua Barat,” kata Bona di hadapan wartawan.

Dia mengutarakan, prosentase miskin wilayah Maluku-Papua 21,45 persen dan Jawa 10,1 persen, namun dari jumlah tersebut Jawa masih tinggi 14,79 juta orang, sedangkan Maluku-Papua 1,25 juta orang.

Dijelaskan Bona, sesuai hasil survei BPS bahwa, kenaikan ini terjadi akibat adanya inflasi atau kenaikan harga pada komoditas beras dan rokok. Dua komoditas ini memiliki andil cukup besar dalam angka kemiskinan daerah.

Sementara untuk wilayah perkotaan beras membawa pengaruh 20,61 persen terhadap pembentukan garis kemiskinan, di pedesaan  18,52 persen. Bahkan komoditas rokok dipedesaan menyumbang 18,14 persen dan perkotaan 9,91 persen.

Bona menambahkan, data ini jangan dipandang sepele, sehingga harus mengenjot melalui program untuk mengurangi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua Barat untuk berbasis pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini lebih baik, sehingga tingkat kemiskinan menurun. [Alberth]

Check Also

Polisi Bekuk Dua Pengedar Sabu di Timika

JAYAPURA,–Dua pengedar narkotika jenis sabu berinisial IS (22) dan N alias Acok (22) berhasil dibekuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *