HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Hadir untuk Negeri, Semen Indonesia Gelar SMN untuk Ketiga Kalinya
Para Siswa pertukaran pelajar 'Siswa Mengenal Nusantara' saat berpose bersama/Djarwo

Hadir untuk Negeri, Semen Indonesia Gelar SMN untuk Ketiga Kalinya

JAYAPURA,- Sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo lewat revolusi mental, PT Semen Indonesia sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang manufactur dan sebagai perusahaan semen terbesar di Indonesia, menggelar program pertukaran pelajar.

Pertukaran pelajar ini  untuk ketiga kalinya sebagai bentuk hadir untuk negeri, yang melibatkan total 51 pelajar siswa-siswi SMA/SMK/SLB dari dua Provinsi, Papua dan Sulawesi Utara, yang bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Program PT Semen Indonesia tersebut yang bekerjasama dengan BUMN lainnya, yakni Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Bhanda Ghara Reksa (BGR), secara resmi dibuka oleh Plt Kabiro Otonomi Khusus Provinsi Papua Haryoko Rumaropen mewakili Gubernur, di salah satu hotel di Jayapura, Sabtu (22/7), dan akan berlangsung selama 7 hari hingga tanggal 29 juli mendatang.

“Kami sangat mendukung program SMN ini karena sangat penting dalam menumbuhkan kesatuan dan persatuan cinta tanah air. Buat anak-anakku bawalah nama baik papua dan semoga bisa menjadi sesuatu yang berarti di kesempatan mendatang,” ujar Haryoko dalam sambutannya.

Sementara itu, Direktur SDM & Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto mengatakan, program BUMN Hadir untuk Negeri ini menyasar seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai kegiatan, tak terkecuali para siswa yang duduk di bangku sekolah, dan bagi siswa beprestasi.

“Sebanyak 20 siswa SMA/SMK/SLB dan 3 pendamping dari Provinsi Sulawesi Utara ini, selama satu minggu akan mengikuti program untuk mengenal Provinsi Papua dengan berkunjung ke berbagai tempat sejarah dan edukasi. Sebaliknya, 31 siswa dan 3 pendamping SMA/SMK /SLB dari Provinsi Papua akan mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Agung.

Dikatakannya, hal tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini tentang keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah melalui interaksi langsung siswa dengan pemerintah dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Ia melanjutkan, Kegiatan siswa dari Sulawesi Utara di Jayapura diantaranya adalah mengunjungi Danau Sentani, mempelajari proses pembuatan motif batik Port Numbay dan melihat proses pembuatan garam oleh suku Dani. Selain itu, para siswa juga akan melaksanakan Bakar batu bersama siswa-siswi SMA 1 Wamena, melihat bagaimana cara memelihara lebah sampai menghasilkan madu, mengenal dan melihat tugu perbatasan RI dan Papua Nugini di Merauke, serta mengunjungi sekolah unggulan SMU 4 Jayapura.

”Melalui pertukaran pelajar ini perusahaan berkomitmen menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air pada generasi muda khusunya siswa sekolah. Menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu merupakan kekuatan NKRI. Ditangan generasi muda potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik yang akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang besar,” jelasnya.

Ia menambahkan, program SMN ini adalah yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya pernah digelar antar pelajar Papua dan Sumatera Barat tahun 2015 dan antar pelajar Kupang dengan Jawa Tengah tahun 2016.

“Selain program SMN, juga akan digelar kegiatan lainnya yakni, jalan sehat tanggal 12 Agustus dan bedah rumah Veteran serta upacara HUT RI yang akan dipusatkan di Kabupaten Merauke tanggal 17 Agustus mendatang,” pungkasnta. [Djarwo]

Check Also

70 Atlet Ikut Lomba Body Contes dan Binaraga Piala Bupati Jayapura Cup I

SENTANI,– Sedikitnya 70 atlet binaraga dari 7 Kabupaten dan 1 kota di Papua mengikuti lomba ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *