Ekonomi

Ekspor Konsentrat, Faktor Utama Menurunnya Realiasi APBN di Papua

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratiko/ Djarwo
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratiko/ Djarwo

JAYAPURA,- Perkembangan realisasi pendapatan dan belanja APBN di Papua pada triwulan III 2017 menunjukkan penurunan dibandingkan triwulan yang sama di tahun 2016 lalu.

Dijelaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikto, hal tersebut terjadi akibat menurunnya ekspor konsentrat di triwulan III yang menjadi faktor utama penurunan pajak, terutama pajak perdagangan internasional.

“Selain itu, dampak penyesuaian organisasi atas pelaksanaan Pilkada pada 11 Kabupaten di Papua masih berlanjut. Hal ini menyebabkan realisasi anggaran belanja yang dikelola Pemerintah Provinsi Papua secara keseluruhan belum optimal, terutama dari belanja modal yang masih rendah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (07/12).

Sebaliknya kata dia, realisasi APBD Pemerintah Provinsi Papua pada periode tersebut menunjukkan kinerja yang lebih tinggi. Meningkatnya realisasi APBD di Papua dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pencairan dana desa tahap 3 dan mulai berjalannya proyek pembangunan infrastruktur.

“Ke depan, realisasi APBN dan APBD Papua pada triwulan IV 2017, diperkirakan akan meningkat sesuai dengan pola historisnya,” harapnya. [Djarwo]

Leave a Reply

*

*

advertisment
advertisment
advertisment