HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Dua KMN Serahkan Perahu Pustaka Anak untuk Kabupaten Jayapura
Para Siswa Sekolah yang mengikuti kegiatan Hari Anak Nasional/Istimewa

Dua KMN Serahkan Perahu Pustaka Anak untuk Kabupaten Jayapura

JAYAPURA,- Dua Korporasi Multi Nasional (KMN), PT Sarana Multi Infrastruktur dan PT Tetrasa Geosinindo bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) menyerahkan 2 buah perahu pustaka untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam upaya meningkatkan minat membaca anak serta kualitas pendidikan anak. Perahu pustaka ini diserahkan pada puncak acara Hari Anak Nasional 2017 di Kampung Hobong, Sentani, Jumat (11/8).

Fasilitas tersebut menjadi sarana yang menarik perhatian anak-anak, karena dilengkapi dengan berbagai macam buku bacaan untuk anak, buku cerita bergambar serta tersedia juga media elektronik seperti televisi yang dilengkapi dengan DVD player yang membuat anak tidak hanya membaca tetapi dapat juga menonton film pendidikan yang menarik, karena film yang disediakan adalah film serta lagu-lagu yang mendidik.

“Perahu pustaka ini dibuat untuk dapat digunakan oleh sebanyak 709 anak di 3 distrik. Nantinya perahu akan berkeliling terus untuk melayani semua desa tersebut dengan jadwal yang sama setiap minggunya, sehingga memudahkan anak-anak untuk mengingat jadwal kedatangan perahu pustaka di desa mereka masing-masing,” jelas Charles Sinaga, Manajer WVI Zonal Papua.

Pemanfaatan kedua perahu pustaka ini nantinya dioptimalkan di 4 kampung di Sentani (tepatnya di Kampung Yoboi, Ifale, Hobong, dan Yobeh) dan nantinya akan diperluas ke di dua (2) distrik lain, yaitu Sentani Timur (tepatnya di Kampung Ayapo dan Asei Besar), dan Ebungfauw (tepatnya di desa Abar, Khameyaka, Putali, Babrongko, dan Homfolo Ayapo).

Program kerjasama yang berlangsung sejak 1 Oktober 2016 – 31 September 2017 ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat bernama ‘Kampung Ramah Anak Papua’ yang menjadi salah satu upaya WVI dalam mendukung pemerintah daerah mewujudkan Kota/Kabupaten Layak Anak. Kampung Ramah Anak nantinya menjadi kampung-kampung yang memperhatikan hak anak dan selalu mengupayakan untuk mengembangkan potensi terbaik anak, melalui kerjasama tiga pihak antara pemerintah setempat, lembaga usaha dan masyarakat.

Sementara itu, Drs. Yerry Ferdinand Dien selaku Seda Jayapura mengatakan, pihaknya sungguh mengapresiasi program Kampung Ramah Anak Papua yang digagas WVI karena telah membantu menyatukan komitmen organisasi masyarakat, pemerintah dan lembaga usaha untuk pembangunan kampung-kampung yang memperhatikan hak anak, dalam rangka mewujudkan Jayapura yang Layak Anak.

“Kami sebagai pemerintah tentunya sangat terbuka untuk segala bentuk kerjasama yang melibatkan semua pihak untuk kepentingan anak-anak tercinta kita. Kiranya kerjasama yang baik ini boleh terus berjalan demi kemajuan generasi masa depan Papua,” ujarnya.

“Salah satu isu terbesar di Kabupaten Jayapura adalah rendahnya kemampuan baca tulis. Kiranya dukungan ini boleh menjadi sebuah kontribusi yang tepat guna dan tepat sasaran yang dapat mencerdaskan anak-anak di Kabupaten Jayapura, khususnya wilayah Sentani,” ujar Hendriko Leonard Wiremmer, Koordinator CSR PT SMI. [Djarwo]

Check Also

Besok, KONI Pusat Akan Melantik Pengurus KONI Papua

JAYAPURA,- Sebanyak 70-an pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua akan dilantik oleh Ketua KONI ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *