HEADLINE : Wabah Campak dan Gizi Buruk Menyebabkan Kematian di Asmat Diduga Keras Pelanggaran HAM Yang Serius - Tidak Semua Wilayah Asmat Bisa Dijangkau, September Hingga Januari 2018 Terdapat 568 Penderita Campak - Lukas Enembe dan Klemen Tinal Resmi Mendaftar ke KPU Papua - Pemprov Papua: ASN Terlibat Urusan Pilkada Harus Lepaskan Status Pegawai - ,
Breaking News
Home » GENERAL » Dinas ESDM Papua Barat Tidak Izinkan Adanya Aktivitas Tambang Emas
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Papua Barat, Yohan Abraham Tulus

Dinas ESDM Papua Barat Tidak Izinkan Adanya Aktivitas Tambang Emas

MANOKWARI,- Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Barat tidak mengeluarkan izin pengelolaan tambang di wilayah Papua Barat, secara khusus di lokasi bekas tambang ilegal di sekitar Kampung Wariori SP-5 Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

“Tidak ada izin yang diterbitkan untuk tambang emas di Papua Barat, termasuk di Wariori,” tegas Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua Barat Yohan A Tulus kepada wartaplus, Jumat (11/8), di Manokwari.

Menurut Yohan, sepanjang tambang emas diberikan izin operasioal tidak akan dipersulit dan melarang, sebaliknya kalau tidak ada izin dan dilakukan aktivitas penambang maka disebut ilegal.

Untuk itu kalau ada aktivitas penambang di sekitar Wariori, maka disebut sebagai penambang ilegal. Sebab daerah itu tidak diberikan izin untuk menambang emas.  Oleh sebab itu ia berpendapat bahwa kalau ada aktivitas semacam itu, maka nanti berhubungan dengan pihak kepolisian.

Ditanya pengawasan dinas ESDM, Tulus mengklaim sosialisasi sudah dilaksanakan namun kalau ada aktivitas tambang harus melalui prosedur izin yang jelas sehingga jangan sampai aktivitas tambang berdampak buruk bagi lungkungan dan masyarakat.

Belum lama ini, Pangdam XVIII Kasuari Papua Barat Mayjen TNI Joppy O Wayangkau mengatakan bahwa, pemantauan dan sesuai laporan intelijen masih ada aktivitas tambang di Wariori, meskipun pernah lokasi itu telah digagalkan. [Albert]

Check Also

Kematian Anak Anak di Papua Mesti Diseriusi Semua Pihak

JAYAPURA,-Kita baru saja dikagetkan dengan berita kematian 61 anak Papua di kabupaten Asmat. Mereka meninggal ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *