HEADLINE : Gara-Gara Status di Facebook Sekelompok Oknum Polisi Gebuk Wartawan Online di Timika - Ketua Umum Persipura: Yunior Buat Sejarah, Papua Gudangnya Sepakbola - Dewan Pers Sambangi Kantor Redaksi Wartaplus.com Lakukan Verifikasi - Bendera Bintang Kejora Berkibar di Banti Tembagapura - Sungguh Bejat, Kelompok Kriminal Bersenjata Perkosa Ibu Rumah Tangga di Tembagapura - Polda Papua Belum Terima Laporan Dugaan Korupsi KPU Intan Jaya ,
Rabu , 22 November 2017
Breaking News
Home » GENERAL » Dana Desa Dikawal Polri TNI, Sekda Papua: Kepala Kampung Jangan Salah Kelola
Sekda Papua, Hery Dosinaen bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit saat diwawancarai pers usai pembukaan kegiatan, Rabu (13/9)/Ist
Sekda Papua, Hery Dosinaen bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit saat diwawancarai pers usai pembukaan kegiatan, Rabu (13/9)/Ist

Dana Desa Dikawal Polri TNI, Sekda Papua: Kepala Kampung Jangan Salah Kelola

JAYAPURA, – Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen mengingatkan setiap kepala kampung di Papua untuk mengelola dana desa secara benar sesuai aturan, jangan sampai lalai atau salah kelola sehingga harus berurusan dengan masalah hukum.

Kepada pers usai membuka acara Pembekalan Dana Desa 2017 bagi para Bhabinkamtibmas (bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) dan Babinsa (bintara pembina desa) di kantor Gubernur, Rabu (13/9) Sekda menilai, saat ini memang pemahaman dan kemampuan aparat kampung sangat minim. Meski begitu, dia yakin lewat pembekalan kepada Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, kedepan dapat terbangun satu sinergitas bersama dengan aparat kampung dan stake holder lainnya.

“Kita harap keberadaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam pengawalan dana desa pada akhirnya meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan bersama. Tentunya diharapkan tak ada lagi kepala kampung berhubungan dengan persoalan hukum,” harap Sekda.

Menurutnya, baik Polri, TNI serta Kepala Kampung dan jajarannya sejatinya dapat berkolaborasi untuk menentukan arah pengelolaan dana desa, menuju pada arah pengelolaan, pemanfaatan dan pertanggungjawaban yang lebih baik ke depan.

Oleh karena itu, lanjut Sekda, diharapkan, ada petunjuk teknis yang diberikan oleh narasumber kepada Babinkhamtibmas dan Babinsa, sesuai tupoksinya masing-masing, agar apa yang dikerjakan nanti tidak tumpang tindih dengan tenaga pendamping yang direkrut oleh pemerintah provinsi.

Ia juga mengimbau kepada para Kepala Kampung agar banyak melakukan koordinasi dengan pihak terkait supaya dalam mengelola dana desa, nantinya tidak terjadi kesalahan. Sebab menurutnya, jika salah mengelola akan berkonsekuensi dengan proses hukum.
“Untuk itu kita harap Kepala Kampung bisa mengelola dana desa sesuai dengan aturan UU yang berlaku. Sehingga semangat nawacita Presiden untuk mensejahterakan masyarakat hingga ke kampung-kampung, dapat benar-benar terwujud,” harapnya.

Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyebutkan, kegiatan pembekalan ini diikuti oleh sedikitnya 372 anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari empat Kabupaten yang menjadi ‘pilot project’ pengawalan dana desa di Papua, antara lain Kabupaten dan Kota Jayapura, Sarmi dan Keerom.

Diakuinya, memang pihaknya belum bisa menjangkau semua Kabupaten karena terkendala masalah geografis, sarana dan prasarana. Namun nantinya akan pastinya ke depan akan dikembangkan per wilayahh.

“Nanti kedepan Kita buat per wilayah kita akan buat pembekalan seperti ini di Merauke, tapi bisa juga di Boven Digul, atau Nabire,” akunya.

Kapolda menambahkan, memang saat ini pihaknya baru bisa menempatkan satu personil Bhabinkamtibmas untuk menjangkau 3 atau 4 kampun. “Karena memang kondisinya kita belum bisa menempatkan satu anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk satu kampung, karena keterbatasan personil,” akunya lagi.[Riri]

Check Also

Alfian Eko Prasetya d Melati Daeva Oktavianti

Hongkong Terbuka, Alfian Dan Melati Sukses Balaskan Dendam

Wartaplus. Pasangan ganda campuran, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti berhasil melewati hadangan pertamanya di babak kualifikasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *